BERTANDING DI BANGKOK: Armenia Zendy bertanding di Kejuaraan Asia di Bangkok, Thailand. (37)
- Olahraga

Zendy Rebut Dua Medali di Kejuaraan Asia

  • Satu-satunya Pecatur Jateng di Timnas

CILACAP – Pecatur Cilacap Armenia Zendy Purwanto berhasil mengukir prestasi saat membela Timnas Merah Putih di Kejuaraan Catur Remaja Asia Timur IV, di Bangkok, Thailand, 1-0 Agustus lalu. Satu-satunya atlet Jateng di skuad nasional itu mendulang medali perak di catur klasik dan perunggu di catur cepat.

Selain itu, Kata Ketua Pengprov Percasi Jateng Handojo MP, Zendy juga meraih gelar internasional baru, yakni women candidate master (WCM). Dengan prestasi tersebut, Zendy membawa Cilacap, Jateng, dan Indonesia di pentas dunia.

Saat berangkat ke negeri Gajah Putih, tim Indonesia dilepas Ketua PB Percasi GM Utut Adianto dan Ketua Pengprov Jateng. Tim Indonesia berkekuatan 10 pecatur, terdiri atas lima putra dan lima putri.

Jatim menyumbang empat atlet, Jabar dua, Sumut, Banten, Jateng dan DKI, masing-masing satu orang.

Dalam ajang tersebut, tim Indonesia berhasil menyabet tujuh medali emas, sembilan perak, dan empat perunggu. Dari emas yang direbut itu, dua di antaranya di nomor catur klasik. Emas di nomor lain catur kilat, Arjuna Satria, dan FM Daniel, serta catur cepat WFM Christine Alisabeth dan FM Daniel.

Armenia Zendy, tambah Handojo, produk Cilacap. Pecatur itu dibina dan dilatih di Sekalah Catur Mastery Chess School (MCS) Cilacap, dengan pelatih Ahmad Marchaban MP PNP. Sekolah catur tersebut milik Handojo, yang membina Armenia Zendy sejak 2014.

Selama dilatih intensif, Zendy setiap tahun menjadi juara I di Jateng. Di level nasional yakni di Kejurnas, selalu masuk tiga besar. Pada 2018 karena menjadi juara I Kejurnas, Zendy dikirim ke Kejuaraan Asia oleh PB Percasi.

Sekolah Catur MCS beralamat di Gandrungmangu dan Sidareja. Kini Armenia Zendy tercatat siswa kelas 7 SMPN 1 Cilacap. Pecatur remaja itu bertekad terus berlatih untuk meningkatkan prestasi, baik tingkat nasional maupun internasional, untuk mengharumkan nama Indonesia. (bd-37).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *