Wushu PON Jateng Tunda Try Out

SEMARANG – Tim Pelatda Wushu Jateng yang dipersiapkan ke PON Papua 2020 menunda agenda pertandingan uji coba ke luar negeri (try out) maupun di dalam negeri (try in).

Pelatih wushu sanda (tanding) tim PON Jateng Hermansyah Monginsidi mengatakan, rencana uji coba ke luar negeri yaitu Tiongkok dalam waktu dekat ini harus ditangguhkan dulu. Begitu juga uji coba di dalam negeri tidak bisa dilakukan karena kondisi di Tanah Air yang juga terdampak virus korona itu. “Latihan rutin tetap dilakukan. Tetapi untuk uji coba ditunda,” kata pemilik klub bela diri Schrueder Salatiga itu.

Menurut Monginsidi, latihan dalam kondisi seperti ini pun, untuk wushu sanda, harus disiasati. Misalnya, latihan tidak harus berdekatan antaratlet satu sama lain atau menjaga jarak. Selain itu atlet dibebaskan untuk berlatih sendiri di rumah atau bergabung bersama rekan lain di Wisma Wushu Jateng di Semarang sebagai tempat pemusatan latihan (TC).

“Kami ikut waspada terhadap mewabahnya virus korona. Di antaranya, semua orang yang tidak berkepentingan terhadap wusuhu Jateng dilarang masuk tempat latihan yaitu Wisma Wushu. Untuk altet yang latihan mandiri ada dua orang dan bergabung di Wisma Wushu ada delapan orang khusus nomor sanda,” katanya.

Ditambahkan pria Salatiga itu, atlet yang memilih berlatih di rumah tidak diperkenankan berkunjung ke Wisma Wushu sebelum ada pemberitahuan lebih lanjut. Adapun atlet yang mengikuti program latihan di Wisma Wushu diberlakukan sistem karantina melekat.

Khusus wushu sanda ini, Mongin menargetkan setidaknya bisa membawa pulang tiga emas di PON 2020 Papua nanti. Ia optimistis target itu tercapai karena keseriusan latihan ditunjang rekam jejak prestasi tim Pelatda Jateng ini. Pada babak kualifikasi PON tahun lalu di Bangka Belitung, Jateng meraih juara umum dengan menyabet lima emas, tiga perak, dan dua perunggu. (H32, H85-47)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *