Wawali Resmikan Studio Pembelajaran Daring

Sistem PJJ Kreatif di Sekolah Muhammadiyah

SALATIGA – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Salatiga melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) mengoperasikan tujuh unit Studio Pembelajaran Daring, Kamis (9/7) pagi. Studi pembelajaran daring itu dipakai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Bidang Pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK, saat pembelajaran jarak jauh (PJJ), selama masa pandemi Covid-19.
Peresmian Studio Pembelajaran Daring dilakukan secara serentak dan terpisah menggunakan aplikasi zoom meeting. Di SD Muhammadiyah Plus Salatiga ada dua unit Studi Pembelajaran Daring yang diresmikan oleh Ketua PDM, Dr Imam Sutomo dan Staf Ahli Wali Kota Salatiga, Sri Satuti. Lalu di SMP Muhammadiyah Plus diresmikan oleh Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris dan di SMP Muhammadiyah Cempaka diresmikan Kepala Dinas Pendidikan, Yuni Ambarwati. Kemudian Studio Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Plus dilakukan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng, KH Tafsir. Sementara Studio Pembelajaran di SMK Muhammadiyah diresmikan Sekretaris Majelis Dikdasmen PWM Jateng, Dr Karnadi MPd. ”Studio pembelajaran daring ini merupakan adaptasi atas perkembangan tennologi dan kreativitas para guru menyediakan fasilitas pendidikan yang lebih baik, di tengah masa pandemi Covid-19. Diharapkan dengan fasilitas tersebut siswa merasa senang dalam suasana merdeka belajar,” kata Ketua PDM Salatiga, Dr Imam Sutomo.
Kepala SD Muhammadiyah Plus Ainul Huri dan Kepala SMP Muhammadiyah Plus Sutomo menjelaskan, studio pembelajaran daring memanfaatkan aplikasi zoom meeting, namun tidak sekadar wajah yang terlihat di layar komputer/laptop atau smarphone.
Layaknya di Kelas
Dengan adanya studio itu, siswa dari rumah bisa melihat ruang kelas secara utuh, karena di studio itu disediakan sejumlah kamera dari beberapa sudut. Layaknya berada di ruang kelas, siswa bisa melihat mimik dan seluruh gerak gerik guru mereka, ketika PJJ berlangsung. Adapun tema kegiatan itu adalah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Salatiga terdepan dalam sistem PJJ, dengan inovasi dan kreasi teknologi digital pada masa pandemi Covid-19.
Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris SS MSi salut atas kreativitas para guru menciptakan studio pembelajaran daring, yang bisa dimanfaatkan siswa SD, SMP, SMA, dan SMK Muhammadiyah di Kota Salatiga. Inovasi tersebut merupakan salah satu kontribusi Majelis Dikdasmen PDM Salatiga memajukan pendidikan di Kota Salatiga, sehingga bisa menginspirasi daerah lainnya untuk berkarya di bidang yang sama. (H2-68)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *