Warga Kelurahan Baru Belum Kantungi KTP Elektronik

  • Blangko Terbatas

SOLO – Tak kurang 66 ribu warga yang bermukim di lima kelurahan baru hasil pemekaran wilayah Banjarsari dan Semanggi, belum dapat mengantungi kartu tanda penduduk (KTP) elektronik. Penyebabnya, ketersediaan blangko KTP elektronik terbatas.

“Mereka baru diberikan surat keterangan (suket) pengganti KTP elektronik, karena sejak sebulan terakhir blangko sudah menipis,” ungkap Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surakarta, Ing Ramto, Jumat (23/8).

Ing tidak merinci stok blangko KTP elektronik yang tersedia saat ini. Namun ia menegaskan, seluruh blangko tersebut sudah dialokasikan bagi pemohon KTP elektronik yang diprioritaskan Pemkot.

“Kami mengutamakan warga yang baru pertama kali memiliki KTP, pasangan dari suami atau istri yang meninggal, serta kebutuhan mendesak lainnya. Setiap hari, setidaknya 25 keping KTP elektronik kami cetak bagi kedua kategori pemohon tersebut.”

Prioritas itu didasari pertimbangan bahwa mereka lebih membutuhkan KTP elektronik dibanding warga lainnya. “Pemegang KTP pertama kali bisa menggunakannya untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM). KTP bagi warga yang pasangannya baru meninggal juga dibutuhkan untuk mengurus akta kematian,” terang dia.

Pemkot sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat, terkait menipisnya blangko KTP elektronik tersebut. “Sebenarnya ini terjadi juga di kabupaten/kota lain. Kami prediksi bisa berlangsung hingga Oktober. Mudah-mudahan November sudah ada pasokan tambahan, seiring berjalannya trimester akhir,” urai Ing.

Seorang warga Kelurahan Banjarsari Fredy Eko membenarkan hal tersebut. Ia hanya mendapatkan suket usai mengurus pemecahan Kartu Keluarga (KK). “Suket katanya berlaku selama enam bulan. Semoga sebelum enam bulan, blangkonya sudah ada,” harapnya. (H73-21)

Grafis

Prioritas Pemohon Pencetakan KTP Elektronik

  • Wajib KTP pemula
  • Suami/istri yang pasangannya meninggal
    Penggunaan Blangko KTP :
  • 25 keping perhari bagi wajib KTP pemula
  • 25 keping perhari bagi suami/istri yang pasangannya meninggal
    Sumber: wawancara (H73)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *