Warga Demak Juara Cipta Lagu Rak Usah Mudik

SEMARANG-Aditya Dwi Cahyono warga Desa Pulosari, Kecamatan Karangtengah, Demak menjadi juara I lomba cipta lagu ”Rak Usah Mudik” online, sedangkan juara I Vlog dengan tema sama diraih oleh Izull Fikri asal Banyumas. Selanjutnya juara II-III kategori cipta lagu diraih Muhammad Fajar dan Agnes Adhistya Prabhandari, keduanya warga Kabupaten Semarang. Juara favorit Alfath Noke Nugroho dari Klaten. Untuk katerogi Vlog juara II-III diraih oleh Nana Galuh Wahyu dan Benny Brahmantya warga Semarang.
Menurut sesepuh Cangrock, Marco, kegiatan yang digelar Kesbangpol Pemprov Jateng bekerja sama dengan Congrock 17 dan Komunitas Jurnalis Jateng itu, untuk lomba cipta lagu diikuti 52 peserta, sedangkan vlog diikuti 19 peserta. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jateng bahkan ada peserta dari luar Jateng. ‘’Karya para peserta cukup bagus, kreativitas mereka sangat menonjol, sehingga juri harus bekerja keras untuk menentukan para juara,’’ katanya.
Panitia sengaja menghadirkan juri-juri yang berkompetern dari setiap katerogi. Juri komba cipta lagu ‘’Rak Usah Mudik’’, Hendra Kumbara, Budh Harjo Haryanto dan Handoyo Nayaka. Sedangkan juri vlog terdiri atas Handry TM, Anto Galon, dan Muhamad Bayu Widagdo. ‘’ Mereka sangat kredibel dalam bidang masing-masing, sehingga keputusa n juri mutlak,’’ ujarnya.
Saat penentuan juara vlog, para juri berdebat cukup alot, hingga minta perpanjangan waktu untuk menentukan juara. Hingga akhirnya setelah ketiga juri berembug lagi, kemudian diputuskan juara seperti diatas. Menurut Handry TM masing-masing vlog dikirim peserta ada sisi kelemahan dan kelebihan, seperti cerita bagus, editing kurang bagus, sebaliknya cerita biasa saja editing bagus. Bahkan ada yang dibikin seperti guyonan. ‘’Kami menilai semua karya secara profesional, dan hasilnya bahkan masih kami perdebatkan hingga final,’’ katanya.
Kepala Kesbangpol Pemprov Jateng, Haerudin mengapresisi lomba cipta lagu dan vlog ‘’Rak Usah Mudik’’. Sebab, kreativitas para peserta bisa menjadi sosialisasi agar warga tidak mudik Lebaran tahun ini, seperti imbauan pemerintah.‘’ Dalam suasana Covid-19 ini, kami berharap warga mentaati anjuran pemerintah sehingga pandemi corona segera berakhir di Jateng,’’ katanya.
Ketua Panitia, Imam Nuryanto mengatakan, para juara akan dihubungi panitia untuk teknis penyerahan hadiah uang pembinaan, trofi, dan sertifikat. ‘’Dalam siituasi Covid-19 ini, kami harus menaati aturan pemerintah jaga jarak. Mohon pemenang bisa hubungi 081575202155,’’ katanya. (H85-50)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *