Traveloka Dorong Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Jakarta, Suaramerdeka.News– Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan, gaya hidup, dan jasa keuangan berbasis digital, mengumumkan peluncuran salah satu program kemitraan strategisnya.

Yang kali ini bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif R.I. Dan bertujuan untuk menarik wisatawan asing ke Indonesia, melalui program Amazing Deals to Indonesia.

Program ini akan berfokus pada pasar wisatawan Malaysia dan Singapura dengan target mengundang para wisatawan kedua negara tersebut untuk dapat menikmati liburan natal dan tahun baru di Indonesia.

Penawaran ini melibatkan berbagai produk dan jasa end to end Traveloka, mulai dari Akomodasi, Paket Transportasi dan Akomodasi, hingga Xperience.

Penawaran menarik ini dikemas dalam bentuk pembelian tiket perjalanan yang hanya dapat diakses khusus wisatawan Malaysia dan Singapura yang ingin menghabiskan momen akhir tahunnya ke Indonesia.

Periode penawaran ini berlaku mulai 1 Desember hingga 31 Desember 2019.

Yady Guitana, Senior Vice President Global Partnership & Insurance Traveloka Group mengatakan. Dengan menjadi perusahaan teknologi pertama dan terbesar di Asia Tenggara yang melakukan kemitraan strategis dengan Kemenpqrekraf RI, pihaknya berharap program ini mampu mendorong jumlah wisatawan asing ke dalam negeri. “Via beragam produk layanan yang tersedia dalam platform kami,” katanya di Jakarta, Selasa (10/12).

Yady menambahkan, kemitraan strategis ini telah berlangsung mulai tahun lalu dan akan terus berjalan di 2020. “Fokus kerjasama Traveloka dengan Kemenparekraf di tahun 2019-2020 adalah dengan melakukan co-creation dan collaboration untuk mempromosikan potensi wisata Indonesia ke luar negeri, salah satunya melalui promo Amazing Deals to Indonesia ini,” ujar Yady.

Ir. Rizki Handayani, MBTM-Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kemenparekraf mengatakan, Malaysia dan Singapura masuk dalam kelompok negara dengan jumlah kunjungan wisatawan tertinggi ke Indonesia.

“Hingga Oktober 2019, sebanyak 241,1 ribu (17,80% dari total wisatawan asing) berasal dari Malaysia dan sebanyak 145,2 ribu (10,72% dari total wisatawan asing) berasal dari Singapura. Kami
berharap melalui kemitraan strategis dengan Traveloka serta kegiatan-kegiatan promosi lain yang dilakukan oleh Kementerian di kedua negara tersebut dapat semakin mendorong lebih banyak kunjungan ke Indonesia,” kata Rizki.

Dia menambahkan, kerjasama dengan Traveloka selain untuk mendorong jumlah wisatawan, juga sejalan dengan fokus Kementerian untuk mendigitalisasi kegiatan promosi pariwisata Indonesia.

“Traveloka sebagai salah satu unicorn kebanggaan Indonesia memiliki jaringan yang kuat di Asia Tenggara serta keahlian yang mumpuni dalam bidang teknologi. Alasan inilah yang membuat kami memilih Traveloka sebagai mitra strategis kami, ” katanya.

Sufintri Rahayu, Public Relations Director Traveloka, mengungkapkan alasan dipilihnya pasar Malaysia dan Singapura sebagai fokus program kolaborasi di tahun ini.

“Menurut data yang kami dapatkan dari internal Traveloka, Malaysia dan Singapura merupakan pasar yang cukup tinggi tingkat antusiasmenya untuk berkunjung ke Indonesia, terutama di akhir tahun,” katanya.

Dia menambahkan, biasanya turis juga tidak hanya berkunjung ke satu kota, namun berkeliling ke beberapa kota di Indonesia.

Hal ini perlu mendapatkan apresiasi dan perlu dibuat program yang semakin memudahkan wisatawan untuk mengakses. “Baik informasi maupun pembelian yang pada akhirnya akan meningkatkan experience mereka ketika melakukan kunjungan wisata ke Indonesia,“ papar Sufintri.

John Safenson, VP Market Management Accommodation, Traveloka mengatakan, pihaknya mengapresiasi antusiasme dari para mitra hotel Traveloka yang mendukung terlaksananya program ini.

“Ada lebih dari seratus mitra hotel yang tersebar di seluruh Indonesia yang berpartisipasi dan siap untuk menampung luapan para wisatawan asing dari Malaysia dan Singapura untuk menghabiskan momen akhir tahun di Indonesia, ” katanya.

Secara konkret, para wisatawan Malaysia dan Singapura mulai bulan Desember ini akan mendapatkan promo Amazing Deals to Indonesia ketika membuka platform Traveloka di kedua negara tersebut. Dan akan mendapatkan paket penawaran yang sangat menarik untuk mengunjungi kota – kota di Indonesia. Termasuk di dalamnya destinasi super prioritas seperti Medan, Jogjakarta, Lombok, dan Labuan Bajo.

Masyarakat di Malaysia dan Singapura juga dapat melihat penawaran Amazing Deals to Indonesia ini di lebih dari 30 titik Billboard yang tersebar di lokasi-lokasi strategis di Malaysia. Di Singapura meliputi Orchard Road Singapura, Bukit Bintang Malaysia, hingga Bandar Udara Internasional Changi dan Kuala Lumpur.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia selama periode Januari-Oktober 2019 mencapai 13,62 juta, atau naik 2,85 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta hingga akhir 2019. Pemerintah berharap melalui kegiatan promosi pariwisata Indonesia di luar negeri, termasuk didalamnya kerjasama strategis dengan Traveloka dapat membantu pencapaian target tersebut. (benny benke — 69).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *