Tiga Nama Berebut Kursi Golkar Jateng

SEMARANG – Menjelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Jateng, tiga nama muncul untuk menduduki jabatan ketua periode lima tahun ke depan. Ketiganya yakni Bupati Karanganyar Juliyatmono, Bupati Batang Wihaji, dan Panggah (Anggota DPR RI). Sementara Ketua DPD Golkar Jateng petahana, Wisnu Suhardono saat ini telah menjabat dua periode. Sesuai aturan partai, Wisnu memang masih bisa menduduki jabatan untuk kali ketiganya dengan catatan memperoleh persetujuan dari Ketum Golkar.

Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng, Iqbal Wibisono mengatakan, menurut rencana Musda akan digelar pada 15-17 Februari 2020. Namun diundur sekitar sepekan dengan alasan Ketum Airlangga Hartarto akan hadir. ”Mundur sepekan, karena berbarengan dengan Musda Sulut. Pak Ketum mau hadir langsung dan mungkin Rabu atau Sabtu (pekan) depan,” kata Iqbal, Rabu (12/2).

Dijelaskan, ada tiga agenda dalam musda mendatang. Pertama, melakukan evaluasi kinerja lima tahun, membuat program kerja lima tahun kedepan dan memilih ketua serta pengurus untuk lima tahun ke depan. Iqbal mengatakan tiga nama tersebut sudah mencuat di tataran DPD II (kabupaten/kota) dan memiliki peluang yang sama. Sesuai aturan partai, ketua DPD terpilih nantinya harus mengantongi dukungan minimal 30 persen atau 13 suara dari total 41 suara dari DPD hingga organisasi sayap dan setiap calon harus pernah aktif di kepengurusan DPD Golkar setidaknya lima tahun.

”Semestinya pengurus yang aktif. Syukur adalah pimpinan daerah, anggota DPR atau orang hebat dan tokoh serta memiliki komitmen tinggi membesarkan partai,” kata Iqbal yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu Jateng-DIY DPP Partai Golkar ini. Dirinya berharap ketua terpilih memiliki pengalaman dan mengetahui peta perpolitikan di Jawa Tengah. Lantaran saat ini Jawa Tengah akan menghadapi Pilkada serentak di 21 kabupaten/kota.

Sementara itu, Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Jateng, Sidi Mawardi mengatakan Musda mesti berjalan lancar dan sesuai ketentuan partai. Di sisi lain, dirinya berharap kader-kader potensial Golkar Jateng bersedia maju dan mencalonkan diri. ”AMPG akan mengawal proses demokrasi ini. Siapapun nanti yang terpilih akan kami dukung,” ujar Sidi .(H81-64)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *