Taruna Akpol Motivasi Siswa SMPN 4 Salatiga

SALATIGA, suaramerdeka.news – Sebanyak 29 taruna/taruni Akademi Kepolisian (Akpol) memotivasi siswa SMPN 4 Salatiga, Rabu (6/11). Taruna juga mengajak siswa agar menjauhi kenakalan remaja, menghindari penyalahgunaan narkoba, tidak merokok, tertib berlalulintas, dan lainnya.
Kehadiran taruna disambut 789 siswa dengan berbagai atraksi, mulai dari atraksi musik tradisional angklung dengan membawakan lagu cublak-cublak suweng, hingga atraksi suporter ”Ultra’s Nepatsa” yang baru saja menerima penghargaan sebagai The Best Suporter pada turnamen futsal SMP-MTs se-Kota Salatiga, belum lama ini. ”Setelah acara penyambutan, Taruna dan Taruni Akpol langsung mengisi materi secara terpisah di 18 kelas,” kata Kepala SMPN 4, Wartono SPd MPd, kemarin.
Menurutnya, kunjungan Taruna Akpol dan pendampingnya itu, untuk melaksanakan praktik salah mata kuliah yang wajib dilaksanakan. Sementara bagi SMPN 4 Salatiga, kehadiran taruna tersebut mendukung program pendidikan karakter. Secara tidak langsung, kahadiran Taruna dan Taruni Akpol Semarang itu, menjadi penyemangat siswa, dalam meraih cita-cita mereka. Diakui, untuk menjadi taruna dan taruni melawati proses seleksi yang sangat ketat dan dengan pesaing yang sangat banyak dari seluruh Tanah Air. ”Semangat ini yang harus menjadi motivasi siswa SMPN 4 Salatiga agar semangat belajar dan memiliki cita-cita yang tinggi. Kami berharap agar program ini dapat dilaksanakan setiap tahun,” jelas Wartono didampingi Waka Humas Drs Hariyanto.
Kehadiran taruna tersebut juga dimanfaatkan siswa SMPN 4 Salatiga untuk berdiskusi, tentang apa saja. Siswa juga mendapat pengalaman bagaimana kehidupan taruna sehari-hari, latihan disiplin yang dilaksanakan, pengetahuan bela negara, serta lainnya. ”Banyak pengalaman yang bisa didapat dengan kehadiran Taruna dan Taruni Akpol di sekolah kami,” ujar Wiwin, salah satu siswa. Para siswa dan guru juga memanfaatan kesempatan untuk foto bersama dengan para taruna. Terutama para siswa dari kelas unggulan, bisa foto bersama para taruna. Kepala SMPN 4, Wartono menjelaskan, setiap angkatan ada kelas unggulan yang jumlahnya sekitar 32 siswa. Mereka ini adalah siswa berprestasi akademik. (H2-68)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *