HERBAL : Sosialisasi manfaat tanaman herbal dilakukan di Desa Growong, Tempuran, Kabupaten Magelang, kemarin.(36)
- Ekonomi

Tanaman Herbal Tingkatkan Ekonomi

MUNGKID, Suaramerdeka.news – Program Studi Management Pertahanan Akademi Militer (Akmil) Magelang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Growong, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Selasa (10/9). Akmil mengelar sosialisasi tentang tanaman herbal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kegiatan tersebut mengusung tema Sinergitas Prodi Managemen Pertahanan dan Masyarakat Desa”. Hadir dalam kegiatan tersebut, Letkol (Inf) Darmawan, Camat Tempuran Daryoko Umar Singgih, dan Kepala Dinas Pertanian Ir Tri Agung.

Letkol Darmawan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan desa unggulan dengan melalui home industri. Hal tersebut dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Desa Growong.

”Kami berharap adanya sosialisasi ini dapat menarik minat para petani, dan masyarakat Desa Growong untuk menanam tanaman herbal di lahan-lahan atau pekarangan mereka,” katanya.

Dia menambahkan tanaman herbal saat ini banyak dicari masyarakat untuk pengobatan non kimia. Di samping harganya lebih terjangkau, masyarakat percaya bahwa obat herbal lebih berkhasiat. Karena lebih alami, dan minim efek sampingnya.

Beberapa contoh tanaman herbal bisa dengan mudah tumbuh di pekarangan misalnya jahe, temulawak, temu putih, kunyit, serai, dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Magelang, Ir Tri Agung menginginkan masyarakat bisa bekerja sama dengan kelompok tani dalam menjual hasil pertaniannya. Hal itu agar mendapatkan harga yang layak, dapat memenuhi pesanan pasar, dan bisa menembus perusahaan obat herbal.

”Saya berharap ke depan masyarakat Desa Growong memiliki home industri obat herbal sendiri, memiliki produk herbal unggulan yang dapat diterima oleh konsumen,” katanya.

Kepala Desa Growong, Samiyah sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap dengan kegiatan tersebut maka warganya tertarik untuk menanam tanaman herbal untuk menambah ekonomi mereka.(yon-36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *