SMP 2 Weleri Kebanjiran

KENDAL – Hujan deras di sejumlah wilayah Kabupaten Kendal pada Senin (13/1) malam, menyebabkan SMP 2 Weleri yang berada di Kecamatan Rowosari, kebanjiran.

Ketinggian air bervariasi dari 10 sentimeter hingga 50 sentimeter. Siswa-siswi dipulangkan lebih awal karena ruang kelas tergenang, sedangkan guru dan karyawan menyelamatkan dokumen ke tempat yang lebih tinggi.

Ruang kelas yang kebanjiran dibiarkan sembari menunggu air surut. Banjir diduga karena saluran di depan sekolah yang sempit dan dangkal, sehingga air melimpas dan merendam sekolah tersebut.

Kepala SMP 2 Weleri, Kusnanto mengatakan, air mulai masuk ke ruangan sekolah, Selasa (14/1) dini hari. Ruang kelas yang digunakan untuk proses belajar tergenang dengan ketinggian bervariasi.

”Anak-anak kami pulangkan lebih awal. Jika air sudah surut, peserta didik bisa kembali sekolah dan dilakukan kerja bakti membersihkan sisa-sisa banjir,” ujar dia.

Seandainya terjadi banjir susulan, pihak sekolah telah mengantisipasi dengan memindahkan dokumen dan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman.

”Banjir seperti ini sudah beberapa kali terjadi di sekolah,” ungkap Kusnanto.
Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo, mengimbau warga ekstra waspada. Cuaca ekstrim masih akan terjadi dalam beberapa pekan ke depan. Hal itu bisa menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor, dan sebagainya. (H36-48,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *