SMP 1 Salatiga Permudah Siswa Belajar Daring

Gunakan Sistem LMS MOODLE

SALATIGA – SMP Negeri 1 Salatiga menciptakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) e-learning berbasis web, yang menerapkan interkoneksi dan interaksi antarsiswa dan guru, serta dilengkapi fitur-fitur dan fungsi pembelajaran yang memudahkan siswa. Dengan sistem tersebut membuat implementasi PJJ terorganisir untuk semua mata pelajaran dan dapat diakses peserta didik dengan satu akun miliknya dalam sistem itu.
Kepala SMPN 1 Salatiga Hariyati SPd MPd menjelaskan, sistem itu dinamakan Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Managemen System/LMS) Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE). ”LMS MOODLE yang diterapkan di SMP Negeri 1 Salatiga mendapat dukungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga. Dukungan tersebut berupa penyediaan server untuk pemasangan sistem,” kata Hariyati, Rabu (29/7).
Menurutnya, dengan dukungan tersebut diharapkan sistem dapat diakses dengan lancar, karena ada sekitar 800 pengguna yang akan mengakses sistem secara bersamaan. Mulai dari siswa kelas VII, VIII, IX dan semua guru. LMS diakses melalui alamat www.kelas.smpn1salatiga.sch.id
Dijelaskannya, LMS MOODLE merupakan perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web, menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Juga merupakan aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar, memanfaatkan teknologi informasi, sehingga sangat mendukung e-learning. ”LMS MOODLE menjadi pilihan SMP Negeri 1 Salatiga karena memiliki fitur lengkap dan stabil, untuk pengelolaan pembelajaran jarak jauh yang lebih kompleks,” imbuh pengelola LMS SMPN1 Salatiga, Endrat Sutopo SKom.
Dilengkapi Animasi
Adapuan fitur yang mendukung kegiatan pembelajaran daring di antaranya, forum diskusi, unduh arsip, peringkat, chat, kalender online, berita, kuis online, dan lainnya. Didukung pula dengan fungsi spesifik, di antaranya aktivitas (permainan matematika dan kata, jenis-jenis pertanyaan (pilihan berganda, benar dan salah, mengisi titik-titik, dll), jenis-jenis pengisian data (untuk aktivitas database), tema bergambar, metode autentikasi (yang membutuhkan akses menggunakan username dan password), metode pengambilan pembelajaran, penyaring konten, dan lainnya.
LMS MOODLE juga mendukung paket pembelajaran dalam format Shareble Content Object Reference Model (SCORM ), yakni digunakan untuk menampung berbagai macam format materi pembelajaran dalam bentuk teks, animasi, audio dan video. Penerapan sistem selanjutnya, setiap guru akan memiliki ruang kelas online masing-masing dengan peserta didik yang diampu terdaftar di dalamnya. Guru dan siswa memiliki akun sendiri dan akan berinteraksi secara daring dalam satu halaman yang sama. Di halaman tersebut dapat berisi tautan konten pembelajaran berupa dokumen, presentasi, dan video. Kegiatan diskusi, penugasan, serta tes akan dilayani pada halaman tersebut. Dengan sistem seperti itu diharapkan peserta didik akan dimudahkan, karena tidak harus membuka sistem yang bermacam-macam. (H2-68)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *