Siswa TK Anak Terang Belajar Siklus Gunung Merapi di Ketep Pass

MAGELANG – Murid TK B Anak Terang (Bethany School) Salatiga belajar (field study) tentang gunung api di Gardu Pandang Gunung Merapi Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jumat (24/5). Dalam kegiatan itu siswa dikenalkan proses terjadinya bencana alam berupa letusan gunung api (volcano eruption) di Indonesia.
Kepala KB-TK Anak Terang, Dian Widi Yussanti SPd mengatakan, kegiatan belajar tentang gunung api di Ketep Pass itu diikuti murid Kindergarten B (Noah and Daniel Class). Tur siswa itu diawali dengan menonton film dokumenter mengenai letusan Gunung Merapi. ”Sebelumnya anak-anak sudah belajar mengenai beberapa bencana alam di Indonesia bersama guru-guru di sekolah. Terutama belajar secara teori kejadian meletusnya gunung berapi,” kata Dian Widi Yussanti.
Setelah menonton film, anak-anak meneruskan kegiatan dengan mengunjungi Museum Gunung Merapi yang di dalamnya terdapat maket gunung dan foto-foto letusan Gunung Merapi selama ini. Termasuk contoh material batu dan mineral yang ikut keluar saat letusan. Murid juga bisa melihat dokumentasi berupa foto-foto bencana yang ditimbulkan akibat letusan Gunung Merapi.
Selama lebih 1,5 jam anak-anak belajar mengenai gunung meletus. Mereka terlihat antusias selama mengikuti kegiatan itu. Bahkan sebagian besar anak merasa sedih dan takut saat melihat foto dan menonton film dampak meletusnya Gunung Merapi. ”Murid juga mendapat informasi upaya antisipasi yang dilakukan manusia untuk mencegah terjadinya korban, sebagai dampak meletusnya gunung berapi,” ungkap Dian Widi.
Kegiatan terakhir yaitu berjalan mengelilingi Ketep Pass dan foto bersama. Mereka juga menikmati pemandangan indah Gunung Merapi dan sekitarnya dari Gardu Pandang Ketep Pass yang sangat indah. Sejumlah siswa mengaku tidak bosan berkunjung kembali ke Ketep Pass. (H2-68)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *