HEWAN KURBAN : Siswa MAN Temanggung belajar memotong hewan kurban. (66)
- Pendidikan

Siswa MAN Belajar Memotong Hewan Kurban

TEMANGGUNG, Suaramerdeka.news –Sekitar seribu lebih siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Temanggung belajar tata cara penyembelihan hewan kurban. Kegiatan yang berbarengan dengan perayaan Iduladha itu didahului dengan ceramah hikmah ibadah kurban di Hari Raya Iduladha dari narasumber yang sudah dihadirkan oleh panitia. Mereka diberi tiga materi yakni pengajian, penyembelihan hewan kurban, dan pentasarufan daging kurban.

Pengajian dengan tema “Memetik Hikmah Kurban dengan Mengaji dan Berbagi”, disampaikan oleh Ismail, salah satu guru Pendidikan Agama Islam senior di MAN Temanggung. Kegiatan pengajian berjalan dengan lancar dan menyenangkan, karena narasumber menyampaikan tausiyahnya dengan komunikatif dan diselingi gurauan-gurauan yang renyah, ilmiah, dan alamiah. Dalam tausiyahnya Ismail juga mengajarkan dan mengajak kepada para siswa untuk melafalkan niat kurban secara bersama-sama.

“Sebagai generasi penerus siswa-siswa harus mau belajar bagaimana tata cara menyembelih hewan kurban dengan baik dan benar sampai pada pembagian daging kurbannya. Siapa yang lakay mendapat daging kurban misalnya, bagaimana urutan tata cara penyembelihan,”ujarnya.

Ketua pelaksana kegiatan, Bagus Priyanto (siswa kelas XI-MIA.1) menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan peringatan hari Raya Iduladha adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Lalu mengaplikasikan pemahaman siswa tentang tata cara penyembelihan hewan kurban, harapannya nanti siswa mampu melaksanakan tata cara ibadah kurban dengan benar.

Adapun prosesi penyembelihan dilaksanakan sekitar pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.00. Pada peringatan Idul Adha tahun ini, MAN Temanggung menyembelih seekor sapi jantan dan seekor kambing jantan. Hewan kurban dibeli dari iuran siswa sebesar Rp 20.000 per siswa.

Panitia penyelenggara yang terdiri atas guru pembina kesiswaan, pengurus OSIS, dan pengurus Majelis Taklim Nahdlatut Thullab, menjadikan daging kurban 230 paket.

Kemudian dibagikan kepada masyarakat di beberapa desa yang membutuhkan, di antaranya di Desa Gondang, Kecamatan Candiroto 99 paket, Desa Mandisari, Parakan 30 paket, Desa Badran, Kranggan 30 paket, Desa Kemloko Kranggan 20 paket, tukang batu di MAN Temanggung 8 paket, tim penjagal hewan 3 paket, dan sisanya dibagikan kepada masyarakat di sekitar sekolah.

Selebihnya juga di Desa Gondang Kecamatan Candiroto. Selaku pihak panitia dari MAN Temanggung, turut hadir diantaranya Muslih (Waka Humas), Ahmad Sultoni (Waka Kesiswaan), Eko Marwanto (Kaur TU), didampingi oleh para pembina kesiswaan, pengurus OSIS, dan pengurus Majelis Taklim Nahdlatut Thullab.
(K41-66)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *