Seluruh Perusahaan Diminta Bantu Masker

DEMAK – Menghadapi wabah Covid-19, menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Demak, Zayinul Fata, tidak cukup ditangani gugus tugas percepatan penanganan virus corona yang dibentuk pemerintah.

Perlu ada pelibatan banyak pihak agar upaya tersebut berlangsung optimal. Salah satunya dengan melibatkan seluruh perusahaan baik BUMN, BUMD maupun swasta dalam pengadaan masker, hand sanitizer serta disinfektan yang saat ini dibutuhkan seluruh warga.

Penanganan wabah virus corona tidak boleh setengah hati, karena dampak dan risikonya yang membahayakan masyarakat.

“Wabah ini butuh langkah cepat dan sifatnya darurat, sehingga semua pihak harus terlibat. Jangan sampai kita terlambat mengambil langkah,” ucap Zayinul Fata.

Semua perusahaan yang ada di Demak dapat menggunakan dana CSR-nya untuk memproduksi masker dalam jumlah besar dan dibagikan kepada masyarakat.

Belum lama ini, DPRD Demak telah menyetujui usulan pengalihan anggaran mendahului perubahan APBD 2020 sebesar Rp 4,2 miliar untuk percepatan pencegahan wabah Covid-19.

Anggaran tersebut sebaiknya diprioritaskan untuk pengadaan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dalam upaya pencegahan wabah virus corona. Di antaranya untuk pengadaan masker dan hand sanitizer serta untuk melakukan disinfektan di seluruh wilayah Demak.

“Hal ini mempertimbangan kebutuhan riil yang diperlukan masyarakat, di samping penanganan Covid-19 masih dipriorotaskan ke rumah sakit tertentu di luar Demak,” terang Zayinul Fata.

Pencegahan terhadap virus corona yang hanya dilakukan oleh gugus tugas percepatan penanganan korona Pemkab Demak tanpa melibatkan ormas dirasa akan berjalan lambat. Sebab, mereka memiliki keterbatasan personil. Sebaliknya jika melibatkan ormas dan organisasi kepemudaan maka upaya pencegahan akan berlangsung lebih efektif.

“Saya melihat pemerintah belum melibatkan mereka padahal ormas memiliki massa dan personel dalam jumlah besar yang bisa ikut dalam upaya pencegahan wabah corona,” ujarnya.

Anggota DPRD Demak dari FKB menuturkan, penanganan pencegahan yang dilakukan gugus tugas percepatan pencegahan virus corona akan memberi hasil maksimal jika melibatkan ormas. Sebab, mereka memiliki personel dalam jumlah besar dan mengakar ke seluruh desa. Sosialisasi dan arahan mereka akan lebih cepat dan diikuti oleh warga masyarakat. (H1-48,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *