BATANG – Narkoba merupakan musuh bangsa, keberadaannya merusak generasi muda dan bisa menghancurkan masa depan bangsa. Peredaran gelap narkoba disinyalir masih ada yang dikendalikan dari balik jeruji besi.
Untuk mengantisipasi peredaran gelap narkoba, Rutan Batang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batang menggelar tes urine kepada seluruh pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Batang, kemarin.
Dipimpin Pelaksana Tugas Kepala Seksi Pemberantasan Puspita Sari Mumpuni, tim BNNK Batang mulai memeriksa pupil pegawai satu demi satu, kemudian dilanjutkan tes urine. Hal yang sama juga dilakukan kepada WBP kasus narkoba dan WBP yang menjadi pekerja (tamping).
”Hasil dari tes urine seluruh pegawai dan WBP dinyatakan negatif. Kami mengapresiasi kerja sama Rutan Batang dengan BNNK Batang dalam pemberantasan narkoba di dalam rutan,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, Rutan Batang sudah lama menjalin kerja sama pemberantasan narkoba dengan BNNK Batang. Tes urine juga rutin dilaksanakan dan selama ini tidak ada yang positif termasuk tes urine kali ini.
Sertifikat
Kepala Rutan Batang Yusup Gunawan menyampaikan terima kasih kepada BNNK Batang yang membantu Rutan Batang dalam memberantas peredaran narkoba di dalam rutan. Sebelumnya, Rutan Batang telah mendapat sertifikat bebas penyalahgunaan narkoba dari BNNK Batang sejak 2012.
”Terima kasih atas kerja sama dari BNNK Batang yang selama ini telah terjalin dengan baik. Saya juga mengapresiasi kepada seluruh pegawai dan WBP Rutan Batang, karena selama ini tidak ada yang terbukti positif menggunakan narkoba. Semoga Rutan Batang dapat mempertahankan bebas dari peredaran narkoba yang telah diraih lebih dari enam tahun berturut-turut,” harap Yusup. (H56-38)