Rawan Penyelewengan, Proyek Kominfo Dikawal Kejari

WONOSOBO, Suaramerdeka.news – Dinas Komunikasi dan Informatika Wonosobo menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) pada Selasa (13/8). Dalam penandatanganan itu turut disaksikan Sekda M Aziz Wijaya dan sejumlah pimpinan OPD tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Eko Suryantoro menjelaskan, kerja sama itu meliputi bidang hukum perdata dan tata usaha negara. “Kerja sama ini tindak lanjut kesepakatan antara Bupati dengan Kejaksaan Negeri Wonosobo yang tertuang dalam lembar kerja sama No 180/8/2018,” terang Eko.

Menurutnya, dengan adanya PKS itu akan ada antisipasi terhadap potensi-potensi terjadinya permasalahan hukum dalam sejumlah kegiatan Dinas Kominfo. Pihak Kejaksaan Negeri, disebut Eko akan melakukan pengawasan dan pengamanan melalui tim Pengawal Pengamanan Pembangunan Daerah (TP4D), khususnya untuk kegiatan proyek pembangunan gedung baru Dinas Kominfo.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Wonosobo Saiful Bahri Siregar menyatakan, kerja sama tersebut untuk menandai kesepakatan untuk TP4D mengawal dan pengamanan proyek pembangunan gedung baru yang pada semester kedua 2019 ini dimulai.

“Kepada pejabat struktural maupun pejabat fungsional yang terlibat dalam pembangunan gedung baru Dinas Kominfo ini bisa meminta pertimbangan bantuan hukum terkait dengan pelaksanaan proyek,” tutur Saiful.

Dengan adanya pengawalan dari TP4D Kejari Wonosobo Saiful berharap nantinya pembangunan gedung baru tersebut akan lebih tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna. Tanpa pendampingan TP4D, ia menyebut proyek pemerintah daerah dikhawatirkan tidak bisa tepat waktu, tidak tepat guna dan bahkan akhirnya tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditentukan sehingga bahkan memunculkan potensi kerugian negara.

“Risiko yang mungkin terjadi, jangka waktu pelaksanaan pekerjaan ini bisa tidak sesuai mutu maupun volume seperti yang ditentukan dalam spesifikasi teknis dan nantinya memunculkan potensi permasalahan hukum apabila tidak dilakukan pengawalan oleh TP4D,” tandasnya.(kim-26)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *