Ratusan ASN Dan Masyarakat Hadiri Peringatan Nuzulul Quran

PURWOREJO – Sekitar 700 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Purworejo dan masyarakat umum menghadiri pengajian Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kabupaten Purworejo tahun 1440 H/2019 M yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten, Selasa (21/5) malam.

Pengajian yang mengambil tema ”Dengan Nuzulul Qur’an kita jadikan pribadi yang beriman dan taqwa menuju terwujudnya Purworejo semakin sejahtera dan religius” ini menghadirkan pembicara KH Habib Hasan Aghil Al Ba’bud, pengasuh Ponpes Al- Imam Bulus, Kecamatan Gebang yang memberikan tausyiahnya.

Selain Bupati Purworejo, Agus Bastian, acara juga dihadiri antara lain oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Wakil Bupati Yuli Hastuti, Ketua DPRD, Sekda, para Asisten para Kepala Bagian Setda Purworejo, tokoh agama dan tokoh masyarakat, para pimpinan instansi, OPD, Camat, Kepala KUA, Piminan BUMN dan BUMD, serta para Lurah dan Kepala Desa. Kabag Kesra Setda Purworejo, Faturahman selaku panitia penyelenggara mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya pengajian ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, dan memupuk cinta kepada Al Qur’anulkarim sebagai petunjuk umat manusia.

“Selain itu juga untuk mewujudkan masyarakat Purworejo yang semakin aman, damai, religius, dan sejahtera,” katanya. Pada kesempatan itu, Bupati Agus Bastian mengatakan, turunnya Al Quran menandai sebuah babak baru dalam sejarah peradaban manusia dan umat muslim. Dengan turunnya Al Quran, umat manusia mendapatkan hidayah, mendapat petunjuk untuk keluar dari fase penuh kegelapan, menuju fase yang sangat terang.

Sejak turunnya pertama kali, Al Quran sudah menjadi sumber inspirasi dan menjadi pedoman mulia dalam membawa kemajuan kehidupan manusia di muka bumi. Karena Al Quran tidak saja dibaca oleh umat muslim, namun sudah menjadi sumber inspirasi bagi seluruh umat manusia. “Di kalangan ulama dan para akademisi, Al Quran telah menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya.

Selain sebagai media syiar Islam untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pemahaman keagamaan, lanjut Bupati, peringatan Nuzulul Qur’an juga merupakan ajang silaturahmi antara umaro dan ulama beserta seluruh stakeholders dan elemen masyarakat Purworejo.

Silaturahmi dilakukan pada kesempatan ini, diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas ta’aruf atau saling mengenal, tafahum atau saling memahami, dan ta’awun atau saling menolong. “Sehingga jalinan ukhuwah, kemitraan, kerjasama dan sinergi di antara kita akan semakin kokoh,” imbuhnya. (H87)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *