SM/Zulkifli Z Fahmi PERIKSA KESEHATAN : Salah satu warga Gubug memanfaatkan Rail Clinik di Stasiun Gubug untuk memeriksakan kesehatannya, Selasa (13/8).
- Regional Jateng

Rail Clinic Hadir di Stasiun Gubug

GROBOGAN – Sebanyak 300-an warga Kecamatan Gubug dan sekitarnya memanfaatkan kehadiran Rail Clinic di Stasiun Gubug, Selasa (13/8).
Mereka memeriksakan kesehatannya dalam kereta khusus pelayanan kesehatan milik PT KAI.

Deputy Executive Vice President PT KAI Daop IV Semarang, Daniel Johanes Hutabarat mengatakan, Rail Clinic merupakan bentuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari PT KAI. Kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak 2016 lalu di Stasiun Weleri Kendal dan Stasiun Kedungjati Grobogan.

”Kami libatkan tim kesehatan yang terdiri atas empat dokter umum, seorang dokter gigi, dua bidan, delapan perawat, dan seorang apoteker serta asistennya. Kegiatan ini bertujuan memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat yang sulit menjangkau fasilitas kesehatan,” katanya.

Selain pengobatan gratis, dalam kegiatan itu juga ada pembagian kacamata gratis, penyuluhan kesehatan dan sosialisasi aturan perkeretaapian. Sebanyak 39 kacamata gratis dibagikan kepada siswa SD di Kecamatan Gubug. PT KAI juga membagikan alat-alat olahraga kepada warga RT 1 Kuwaron dan SD Muhammadiyah Gubug.

Manager Humas PT KAI Daop IV, Krisbiyantoro mengemukakan, pada tahun ini, PT KAI Daop IV Semarang menggelar Rail Clinic di tiga lokasi, yakni Stasiun Alastua Semarang pada 28 Maret 2019. Kemudian Stasiun Gubug, dan rencana selanjutnya di Stasiun Comal Pemalang.

”Hingga 2018, PT KAI sudah meluncurkan empat generasi Rail Clinic. Pada tahun ini juga, kami mengoperasikan Rail Library atau kereta pustaka yang dirangkaikan di Rail Clinic. Di dalamnya, menyediakan ratusan buku bacaan dan fasilitas perpustakaan elektronik,” ujarnya. (zul-22)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *