Puluhan Penari Tampilkan Keselarasan dalam Keberagaman

MAGELANG, Suaramerdeka.news – Puluhan penari dan pemain musik dari Jakarta dan Semarang tampil menghibur ratusan pengunjung Artos Mall dalam tajuk Harmony in Diversity, Minggu (7/7) malam. Mereka sukses menyajikan Tari Bajidor, Tari Lenso, Tari Kinang Kilaras, Tari Merak, Tari Enggang, dan Tari Ratoek Ayu.

Para penari ini tergabung dalam Gita Nusantara Cemerlang yang sering mewakili Indonesia ke luar negeri untuk memperkenalkan tari-tarian khas daerah. Selain tari, tampil juga pertunjukan musik kulintang dari Semarang.

General Manager Artos Mall, Otniel Hanung mengatakan, Harmony in Deversity ini hasil kerja sama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI). Tujuannya selain hiburan di musim liburan juga mengenalkan tarian khas daerah kepada masyarakat Magelang dan sekitarnya.

“Kalau sudah mengenal, harapannya kita mencintai dan bisa melestarikannya,” ujarnya di sela acara.

Dia menuturkan, Harmony in Diversity dapat diartikan sama dengan Bhineka Tunggal Ika, yakni keselarasan dalam keberagaman. Sebagai warga Indonesia harus bangga dengan negara ini, karena memiliki banyak keberagaman.

“Meski kita beragam, namun ada hal yang bisa menyatukan kita. Salah satunya adalah dengan kesenian,” katanya.

Menariknya, kata Hanung, para penampil ini sebelumnya tampil di Borobudur dalam event bertaraf internasional. Sehingga, ini kesempatan emas bagi masyarakat yang tidak sempat datang ke event di Candi Borobudur itu bisa menyaksikan pertunjukan mereka di Atrium Artos Mall.

“Kita harus bangga memiliki beragam jenis tarian dan kesenian. Sudah sepantasnya kita mencintai dan mengapresiasi kebudayaan yang kaya ini,” tandasnya.

Public Relation Artos Mall, Keke Meidy menambahkan, selain pertujukan dari Kelompok Gita Nusantara Cemerlang, tampil juga Tari Maumere yang dibawakan oleh karyawan Artos Grup. Jajaran staf dan managemen Artos Group tampil sebagai penutup acara.

“Tidak hanya kami saja yang menarik, ternyata para pengunjung dan tamu undangan pun ikut menari bersama. Apalagi kalau bukan Tari Maumere ini masih hits di masyarakat hingga saat ini, sehingga di akhir acara kita bersama-sama menikmati tarian khas Indonesia ini,” jelasnya.(H88-36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Requi