PSIS Punya Tujuh Pemain Eks Akademi

SEMARANG – PSIS Semarang mengumumkan telah memiliki 24 pemain yang akan memperkuat tim di Liga 1 2020, Senin (13/1). Total tambahan tujuh pemain melengkapi susunan 17 pemain yang akhir pekan lalu sudah diumumkan lebih awal.
CEO PSIS, AS Sukawijaya (Yoyok Sukawi) mengatakan penambahan pemain di antaranya dari pemain-pemain akademi yang dipromosikan ke tim senior. Tiga di antaranya pemain muda yang lebih dulu promosi pada musim lalu yakni Eka Febri (gelandang), Yoga Adiatama (gelandang), dan Aqsa Saniskara (bek sayap).
Lalu, tiga pemain muda yang baru promosi di awal tahun ini, Pratama Arhan (bek sayap), Adithya Jory Guruh (striker), dan Yofandani Damai Pranata (kiper). Adapun satu pemain yang dipromosikan musim lalu, M Fadli (kiper) diumumkan bersama seorang pemain senior secara resmi di media sosial PSIS akhir pekan lalu.
Yoyok memastikan penggawa muda tersebut akan didaftarkan sebagai pemain PSIS ke PT Liga Indonesia Baru. Sebab semuanya masuk dalam skema Pelatih Kepala Dragan Djukanovic.
”Pemain Elite Pro Academy PSIS di 2019 lalu berhasil meraih dua sukses. Sukses prestasi dan sukses mencetak pemain-pemain baru untuk senior. Saya apresiasi hasil bagus ini, artinya tim pelatih telah berkerja keras,” kata Yoyok.
Habis Kontrak
Para penggawa dari tim akademi tersebut bakal masuk dalam kategori pemain U-23. Sebab selama ini Liga 1 mensyaratkan minimal ada tujuh pemain usia di bawah 23 tahun yang didaftarkan di kompetisi.
Sementara itu, untuk pemain ke-24 PSIS yang sepakat bertahan yakni bek sayap Soni Setiawan. Pemain asal Magelang ini sebelumnya sudah habis kontraknya di PSIS pada Desember 2019. Hal ini dinyatakan General Manager Wahyoe Winarto pada kesempatan terpisah.
”Soni sudah oke dengan kami. Dia tetap masih akan di PSIS tahun ini. Lalu terkait Heru Setyawan (gelandang) dan Endang Subrata (kiper) kami belum berkomunikasi dengan keduanya. Kami masih mempertimbangkan akan melepas atau tetap mempertahankannya,” kata pria yang akrab disapa Liluk ini.
Enam nama pemain muda PSIS ditambah Soni ini akan bersatu padu dengan 17 pemain PSIS lainnya. Mulai dari posisi penjaga gawang, ada Jandia Eka Putra, Joko Ribowo, dan M Fadli. Lalu di barisan belakang ada Wallace Costa Alves, M Rio Saputro, Safrudin Tahar, Frendi Saputra, Fredyan Wahyu, dan Riyan Ardiansyah.
Sedangkan di posisi gelandang ada Finky Pasamba, Jonathan Cantillana, dan Tegar Infantrie. Kemudian di lini depan ada Hari Nur, Bruno Silva, Septian David Maulana, Andreas Chrismanto Ado dan Komarodin.
Sementara itu, PSIS dikabarkan telah meminang tiga bek baru, Alfeandra Dewangga (Timnas U-18), Wahyu Prasetyo (eks Cilegon United), dan Abdul Abanda Rachman (eks Kalteng Putra). Ketiganya masih merampungkan berkas administrasi. Adapun untuk satu slot pemain asing tersisa, rencananya PSIS akan melakukan seleksi saat tim sudah berkumpul nanti di Semarang dan Yogyakarta. (mam,H85-29)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *