Program Jejaring Global Untungkan Kampus

SEMARANG – Kampus butuh membangun jejaring internasional di era persaingan global. Sebab, dengan hubungan kerja sama yang luas merambah mancanegara akan berdampak pada kualitas perkuliahan, riset, dan pengabdian masyarakat.
”Era global membuat persaingan semakin ketat termasuk di dunia pendidikan tinggi. Kondisi ini sekaligus membuat kampus butuh membuat strategis. Salah satunya dengan memperkuat jejaring di tingkat global,” tutur Ketua STIE Totalwin Sugiharti, kemarin.
Dia berbicara itu di sela-sela pertemuan perancangan naskah akademi untuk langkah kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi kelas dunia. Sebelumnya kampus itu sudah menandatangani naskah kerja sama dengan Universitas Chitkara India.
Sugiharti bertemu langsung dengan Rektor Universitas Chitkara India Manjinder Singh Daliwal PhD untuk menandatangani kerja sama. Pertemuan itu juga langkah penting masuk di era percaturan global. Dibutuhkan sinergisitas kuat dengan beragam institusi internasional pengelola pendidikan tinggi dunia.
Kesepakatan
Selain dengan kampus ternama di India, terdapat sederet kerja sama internasional yang juga sudah disepakati. Misal dengan Hatyai University Thailand, University of Tecnology Malaysia, University of Technology Krupthep Thailand dan Price of Songkla University Thailand.
Selain itu bersama Fathoni Univercity, Universiti Malaysia Sabah, Lyceum Of The Philippines University, System Plus College Foundation, Tarlac Agricultural University, Imus Institute Of Science And Technology dan sebagainya.
Bermodal kesepakatan internasional maka terbuka peluang untuk makin meningkatkan mutu perkuliahan, riset dan pengabdian masyarakat di kedua belah pihak.
”Dampak kerja sama antarkampus misalnya bisa ditindaklanjuti kunjungan antarnegara. Kami bisa mengirim para dosen dan mahasiswa untuk memperkuat literasi keilmuan. Selain itu muncul kolaborasi riset dan penyelenggaraan forum ilmiah internasional. Bahkan tanggal 11 November akan diadakan forum ilmiah bersama STIE Totalwin dengan Universitas Chitkara,” katanya.(H41-34)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *