Profesionalitas Guru Perlu Ditingkatkan

SEMARANG – Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang, Lift Anis Ma’shumah, berharap para guru dapat meningkatkan profesionalitas dalam mengajar. Maka dari itu, pihaknya meminta para guru pamong agar dapat memberikan arahan bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Menurutnya, salah satu target utama yang ingin dicapai mahasiswa PPG adalah dapat mengajar secara profesional. Terutama bagi para guru Pendidikan Agama Islam (PAIS), yang saat ini menempuh PPG di FITK UIN Walisongo Semarang.

“Kami meminta para guru pamong yang mendampingi PPL mahasiswa PPG dapat memberikan arahan agar mengajar secara profesional. Yakinkan mahasiswa PPG agar tampilan saat mengajar bagus dan tidak mengecewakan,” ujar Anis dalam acara FGD, Penyamaan Persepsi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan Guru Pamong di Hotel New Puri Garden Semarang, baru-baru ini.

Ia mengimbuhkan, dalam program PPG ada empat kompetensi guru yang dapat diasah lebih mendalam dengan teori dan praktik. Walaupun sebenarnya, para mahasiswa sudah pernah memiliki pengalaman mengajar, sebelum melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PPL). Namun, kata Anis, jika ilmu dari PPG diamalkan dengan baik, maka mahasiswa bisa menjadi guru yang tangguh dan bermanfaat.

Selain itu, Para guru pamong dan DPL yang menjadi pendamping dapat berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman. Dengan pola itu, beban berat mahasiswa PPG menjelang ujian akan terasa ringan. Diharapkan guru pamong dapat mencetak kualitas guru dalam mengajar para siswa.

“Buatlah mahasiswa kita percaya diri saat ujian mengajar nanti. Tujuanya agar para guru nantinya dapat menjadi profesional dan berkualitas,” ungkapnya. (kas-58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *