PLN Tanjung Jati B Raih Proper Emas 2019

JEPARA – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN TJB) menggelar tasyakuran pencapaian Proper Emas 2019 di Pendapa RA Kartini Kabupaten Jepara, Kamis malam. Acara ini diselenggarakan atas keberhasilan PLN TJB meraih predikat emas dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
Hadir dalam kegiatan tersebut, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK M R Karliansyah, Direktur Human Capital Management (HCM) PLN Muhamad Ali, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi,Forkopimda Jepara, Ketua Dewan Pertimbangan Proper Profesor Sudharto P Hadi, Executive Vice President HSSE PLN Komang Parmita, dan General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B Rachmat Azwin, GM PLN Distribusi Jateng dan DIY, Dinas LHK Provinsi Jateng, Pimpinan OPD Jepara, pimpinan civitas akademika Undip, UGM, Unisnu, Forkopimcam Kembang dan para petinggi, penggiat lingkungan dan kelompok usaha masyarakat Jepara, media massa.
Dalam sambutannya, Rachmat Azwin mengatakan merasa bangga menjadi unit PLN pertama meraih proper emas. Semoga menjadi pemicu bagi unit-unit lain untuk mencapainya di tahun-tahun berikutnya.
“Kami bangga atas pencapaian ini, terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi, atas kerja keras dan perjuangan kita bersama kita bisa menjadi unit PLN pertama meraih proper emas.” jelas Azwin.
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh jajaran PLN TJB atas pencapaian tersebut. Wakil Bupati Jepara yang akrab disapa Dian itu berpesan agar pencapaian tersebut bukan hanya pada lebel Proper Emas-nya saja, tapi betul-betul diimplementasikan dan bermanfaat bagi masyarakat.
“Atas kerja sama yang baik, kerja keras kita insya Allah diberikan kemudahan oleh Allah yang maha kuasa. Kami juga merasakan beberapa kegiatan CSR yang sudah dilakukan memiliki nilai manfaat bagi masyarakat Jepara. Mari kita bersama mewujudkan Indonesia yang maju dan Jepara lebih baik,” ujar Dian.
Konservasi Lingkungan
Hal senada juga dikemukakan pegiat lingkungan, Mustain, yang mendapatkan gelar kebanggan sebagai local hero atas perjuangan dan keberhasilannya dalam restocking dan budi daya rajungan. Berkat keuletannya, para nelayan berhasil diajak turut aktif dalam merawat (konservasi) lingkungan di seputaran Pulau Panjang. ”Saya berharap, penghargaan proper emas bukan tujuan akhir, melainkan sebagai pendorong ke depan untuk berbuat lebih baik,” ujar Mustain, yang kerap diundangan ke luar daerah untuk menularkan ilmunya.
Pada kesempatan tersebut, Dirjen PPKL KLHK M R Karliansyah menegaskan, PLN TJB berhasil menjawab tantangan yang tidak mudah dengan keunggulan baik pada upaya menjaga mutu lingkungan fisik maupun lingkungan sosial dengan berbagai inovasi secara konsisten.
Hal senada juga dikemukakan pegiat lingkungan, Mustain, yang mendapatkan gelar kebanggan sebagai local hero atas perjuangan dan keberhasilannya dalam restocking dan budidaya rajungan. Berkat keuletannya, para nelayan berhasil diajak turut aktif dalam merawat (konservasi) lingkungan di seputaran Pulau Panjang.
“Proper Emas itu sulit, untuk mencapai proper emas bukan hanya menaati aturan yang ada tapi memiliki manfaat bagi lingkungan. Perusahaan penerima proper itu seperti seorang muslim yang bukan hanya melakukan sesuatu yang wajib saja tapi juga yang sunah, maka perusahaan penerima Proper Emas mungkin bukan hanya mengerjakan yang wajib dan sunah tapi juga sudah berhaji.” jelas Karliansyah.
Proper ada lima jenjang, yang ditandai dengan warna. Paling rendah hitam, merah, kuning, hijau, dan paling tinggi emas. Sebelum penyerahan pala, ada sajian tarian proper emas yang ditampilkan delapan penari, menggambarkan delapan unsur penilaian proper. Juga ada sajian dua lagu dari seniman difabel.
Acara tasyakuran ditutup dengan seremoni penyerahan piala proper emas dari Direktur HCM PLN Muhammad Ali kepada Plt Bupati Jepara sebagai simbol bahwa pencapaian Proper Emas adalah keberhasilan bersama dari kolaborasi baik antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat. Piala proper emas untuk PT PLN (Persero) Unit Pembangkitan Tanjung Jati B telah diserahkan Wakil Presiden Amin Ma’ruf di Istana Wapres, 8 Januari lalu. (kar-30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *