Pilkades Serentak Digelar di Enam Desa

DEMAK – Sebanyak enam desa di Kabupaten Demak menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Minggu (7/12). Keenam desa tersebut adalah Desa Berahan Kulon Kecamatan Wedung, Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam, Desa Harjowinangun Kecamatan Dempet, Desa Babad Kecamatan Kebonagung, Desa Batursari Kecamatan Mranggen, dan Desa Kuripan Kecamatan Karangawen.

Kegiatan itu direspons masyarakat. Hal itu terlihat dari banyaknya poster serta kehadiran warga yang memadati lokasi tempat pemungutan suara.
Seperti halnya proses pemilu lainnya, dalam pilkades juga diwarnai isu politik uang yang nilainya antara Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu.

Bupati Muhammad Natsir, Wakil Bupati Joko Sutanto dan Ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet memantau langsung di lokasi yang berbeda. Mereka bersama Forkopimda, TNI, Polri dan OPD terkait. Bupati menuturkan, pada pilkades di enam desa tersebut diikuti 14 calon kepala desa. Adapun jumlah warga yang memiliki hak pilih sebanyak 37.942 orang.

“Kami berharap pilkades bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan pimpinan desa yang sesuai kehendak dan aspirasi rakyat,” katanya saat memantau pilkades di Desa Harjo Winangun.

Di desa tersebut, terdapat dua calon yakni Sulkin dan Siswanto. Mereka berebut dukungan dari 4.279 yang memiliki hak pilih. Hal senada disampaikan Wakil Bupati Joko Sutanto. Saat memantau pilkades di Desa Kerangkulon, dia meminta agar masyarakat menggunakan hak pilihnya sesuai nurani, sehingga yang terpilih adalah calon kepala desa yang benar-benar sesuai keinginan masyarakat.

Dia mengatakan, semua calon kepala desa yang maju dalam pilkades adalah sosok yang mampu menjadi kepala pemerintahan desa. Dengan demikian, mereka memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan dukungan. Untuk itu, semua calon harus siap menerima dua kemungkinan yakni kekalahan dan atau kemenangan.

“Penentu ada di tangan rakyat, sehingga harus siap menerima hasil apa pun dalam proses pilkades ini,” tuturnya

Di Desa Kerangkulon terdapat dua calon yakni Ahmad Saifudin Ridwan dan Setyo Jatmiko. Kapolres Demak R Fidelis Purna Timuranto yang turut memantau pilkades mengatakan, pihaknya melibatkan seratusan anggotanya termasuk dari jajaran Polsek untuk mendukung pengamanan agar berlangsung kondusif.
Pengamanan juga mendapat dukungan TNI serta Linmas di masing-masing desa.

Ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet yang memantau pilkades di Desa Batursari Kecamatan Mranggen mengatakan, kegiatan berlangsung semarak.
Tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih juga tinggi.
Di Desa tersebut diikuti tiga calon kades, yakni Nur Kholis, Ahmad Hartanto dan Sutikno.

“Adapun jumlah warga yang memiliki hak pilih sebanyak 23.459 orang. Mereka menggunakan hak suaranya dengan mencoblos di 42 TPS. Ini pilkades dengan jumlah pemilih terbanyak,” katanya.

Di Desa Kuripan Kecamatan, Karangawen jumlah pemilih sebanyak 3.870 orang dengan 8 TPS dan calon kades yang bersaing adalah Endro dan Suryo Priyono.

Kemudian di Desa Babad Kecamatan Kebonagung, diikuti oleh dua kandidat, Handono dan Moehtarom. Di Desa Berahan Kulon Kecamatan Wedung, diikuti tiga calon yakni Fathiyaturrohmah Imah, Sugondo dan Sumarjiyo.(H1-22,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *