PGSI Jateng Dorong Kepengurusan Daerah

SEMARANG –¬†Pengprov Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Jateng mendorong pertumbuhan kepengurusan PGSI di kabupaten/ kota di Jateng. Ada tiga daerah yang telah mengajukan pembentukan kepengurusan, yakni Kabupaten Pekalongan, Banyumas, dan Temanggung. Saat ini ada 21 kepengurusan di tingkat kabupaten/ kota.

”Secara administratif, tiga daerah itu (Temanggung, Banyumas, dan Kabupaten Pekalongan) sudah memenuhi persyaratan. Kami sangat mengapresiasi dan senang adanya tiga daerah yang membentuk pengurus. Ini menunjukkan gulat semakin berkembang di Jateng. Salah satu kunci prestasi adalah tumbuhnya gulat di daerah,” tutur Ketua Umum Pengprov PGSI Jateng Andreas Budi Wirohardjo di Semarang, Jumat (31/7).

Jika nanti tiga kabupaten itu disahkan, berarti ada 24 Pengkab/Pengkot PGSI di Jateng. Pihaknya menargetkan pada 2020 sudah resmi dan bisa mengikuti babak kualifikasi Porprov Jateng 2021. Dengan demikian, persaingan kian ketat dan pegulat semakin banyak. Dia berharap bisa terjaring pegulat potensial lebih banyak lagi.

Kedisiplinan Atlet

”Kami juga terus mempersiapkan pegulat untuk PON XX Papua 2021. Tiga pegulat terus menjalani latihan di Solo. Tim pelatih selalu mengevaluasi perkembangan pegulat. Masih ada program promosi-degradasi. Sebab, kelolosan masih menggunakan by number sehingga ada kesempatan untuk melakukan pergantian,” jelas Andreas.

Salah satu parameternya adalah kedisiplinan atlet dalam menjalani program latihan dan menjaga diri. Jadi, tidak hanya sisi teknis yang jadi tolok ukur bagi pegulat. Justru yang penting, kata pria yang juga pengusaha itu, adalah bagaimana pegulat disiplin seperti jam tidur.

”Kami minta pegulat yang saat ini masuk dalam pelatda PON XX jangan merasa aman. Jika dinilai menurun, bisa kami ganti dengan pegulat yang lain,” tandasnya.

Jateng meloloskan tiga pegulat ke ajang multicabang empat tahunan di Papua. Ketiganya adalah Tegar Arya (kelas 54 kg gaya bebas putra), Ahmad Umar (kelas 125 kg gaya bebas putra), dan Siti Aliyah (kelas 62 kg gaya bebas putri). (H85,H32-17)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *