MERAUKE, suaramerdeka.news – Aksi penyelamatan dilakukan prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infantri Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad, yang bertugas di Pos Kaliwanggo, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (19/9) siang. Saat pulang patroli dari patok MM 12.2 perbatasan, regu yang dipimpin Serka Sarwoto menyelamatkan bocah berusia 10 tahun, Herman Mauli Murnan, yang tenggelam saat mancing bersama temannya di Sungai Warma, Kampung Erambu, Distrik Sota.
Berdasarkan laporan Danpos Kaliwanggo, Kapten Inf Adik Sunarto, saat hendak pulang ke pos, regu tersebut mendengar teriakan sejumlah anak-anak Papua yang ketakutan, karena salah satu temannya, Herman Mauli Murnan, tenggelam di tengah sungai. ”Saat itu Herman berusaha ke tengah sungai, melepas kail pancingnya yang tersangkut. Korban tidak sadar di tengah sungai cukup dalam, sementara korban belum pandai berenang,” kata Kapten Inf Adik Sunarto, dalam rilis yang diterima Suara Merdeka, Kamis malam.
Mengetahui kejadian tersebut, dua personel Kopral Dua Juwadi dan Prajurit Satu Popi Alex, langsung terjun ke sungai menyelamatkan korban. Herman sempat mendapatkan pernafasan buatan, karena belum sadarkan diri dan terlalu banyak minum air. Selanjutnya dia dibawa ke pos untuk mendapat perawatan dari petugas medis. Korban dirawat beberapa jam oleh Bintara Kesehatan Pos, Sersan Kepala Abdul Wahab. Kemudian diberi asupan makanan, minuman, dan vitamin.
Setelah kondisinya membaik, Herman diantar pulang ke Kampung Erambu, Distrik Sota. Herman diterima ibunya, Maria Welmince Kidup (36), sementara ayahnya Antonius Murnan (37) tidak berada di rumah. Maria Welmince Kidup mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad, yang selama ini bermarkas di Kota Salatiga, Jawa Tengah, itu. Terpisah, Dansatgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya SSos MHan, memberikan apresiasi atas tindakan cepat anggotanya yang bertugas di Pos Kaliwanggo, karena telah menyelamatkan dan merawat warga setempat yang tenggelam di sungai. (H2-68)