Peringati Hari Pahlawan Siswa SD Al Azhar Punguti Sampah

SALATIGA, suaramerdeka.news – Puluhan siswa SD Islam Al Azhar 22 Salatiga menggelar aksi pungut sampah di sepanjang Jalan Diponegoro, Jalan Kampung Cungkup, dan Jalan Kemiri, Kamis (7/11). Kegiatan dengan tema ”Susur Sampah – Pahlawan Kebersihan” itu dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan.
”Kami mengadakan kegiatan menyambut Hari Pahlawan sekaligus gerakan bebas sampah SD Islam Al Azhar 22 Salatiga. Siswa diajak melintas di jalan protokol dan jalan kampung di sekitar sekolah sembari memungut sampah yang ditemukan,” kata SD Islam Al Azhar 22 Salatiga Tri Nuryani SAg.
Dalam kegiatan itu siswa mengenakan seragam Pramuka. Tri Nuryani sebagai kamabigus memberikan pengarahan dan motivasi kepada siswaya, tentang menjaga kebersihan dan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan pendidikan karakter pada anak sejak dini.
Kegiatan Susur Sampah diikuti sekitar 89 anak Pramuka Siaga dari kelas 4, Pembina Pramuka Siaga, beserta guru dan karyawan. Menurut Tri Nuryani, membuang sampah pada tempatnya merupakan kegiatan baik yang terlihat sepele, namun tidak semua orang terbiasa untuk melakukannya. Sering terlihat orang membuang sampah sembarangan, termasuk ketika berada di pusat perbelanjaan, tempat wisata, trotoar, bahkan pengendara mobil kerap membuang sampah begitu saja di jalanan. ”Sebagai pendidik, kami ingin mengajarkan kepada anak-anak sejak usia dini untuk peduli terhadap lingkungan. Memilah dan peduli sampah setidaknya itulah yang harus menjadi kepedulian kita semua,” kata Tri Nuryani. (H2-68)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *