TEBAR BENIH IKAN : Warga perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Cabang Magelang menebar benih ikan di Kali Progo, kemarin.(36)
- Olahraga

Perguruan Silat PSHT Tebar Benih Ikan

MUNGKID, Suaramerdeka.news – Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Cabang Magelang menebar benih ikan di sejumlah sungai yang ada di daerah tersebut, kemarin. Tebar benih ikan ini sudah menjadi tradisi PSHT Cabang Magelang menjelang pengesahan warga baru setiap tahun.

Acara tersebut diikuti ratusan personel terdiri atas para sesepuh, warga tingkat II, seluruh ketua ranting, dan para calon warga baru. Adapun benih ikan yang ditebar antara lain ikan emas, lele, kotes, wader, dan ikan nila. Jumlah benih ikan yang ditebarkan sekitar 30 ribu ekor.

Sesepuh PSHT Cabang Magelang, Nurhadi Abas menuturkan, ada beberapa tujuan dilakukannya tebar benih ikan. Antara lain untuk melatih melakukan sedekah air atau sedekah yang dilaksanakan kepada siapa pun. ”Kita tidak perlu tahu siapa yang diberi atau siapa yang menerima. Yang penting bermanfaat baik untuk banyak orang,” tuturnya.

Tujuan lain ikut melestarikan lingkungan dan menjaga populasi ikan supaya tidak cepat punah. Sekaligus ikut membantu orang yang membutuhkan ikan untuk dimanfaatkan atau dikonsumsi.

Melalui kegiatan itu diharapkan warga PSHT selalu dapat mengembangkan ajaran PSHT di likungan hidup masing-masing. Dengan prinsip, selama matahari masih bersinar, bumi masih dihuni manusia maka PSHT akan selalu jaya kekal dan abadi.

”Seperti ikan yang ditebarkan akan selalu berkembang biak di tempat hidup masing-masing, khususnya selama masih ada air, ikan akan tetap hidup dan berkembang,” tandasnya.

Ketua Ikatan Pencak Silat (IPSI) Magelang itu juga berharap, warga PSHT dapat memberi manfaat bagi orang lain yang membutuhkan, seperti orang yang memanfaatkan ikannya untuk dikonsumsi. Bagi internal PSHT sendiri, lanjutnya, di mana pun berada selalu diberi rezeki yang tidak pernah putus seperti air mengalir. ”Semoga warga PSHT di mana pun berada selalu guyub dan rukun saling menjalin erat tali persaudaraan,” katanya.(yon-36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *