Peninggian Jalan Tambak Dalam Tak Kunjung Direalisasikan

SEMARANG – Rencana peninggian Jalan Tambak Dalam Raya di Kelurahan Sawah Besar hingga kini tak kunjung direalisasikan. Padahal pada musim hujan air terus menggenangi jalan yang menghubungkan antara Jalan Soekarno dan Jalan Kaligawe Raya itu.

Sejumlah pengusaha kecil di tempat itu menyatakan usaha mereka sepi pengunjung. Sebab, pelanggan enggan melewati jalan yang tergenang.
Ketua RW 3, Imam Tobroni yang juga pemilik Apotek mengatakan, omzetnya menurun setiap kali terjadi banjir.

“Saya sudah melapor puluhan kali berharap dilakukan peninggian jalan dan perbaikan selokan,” tutur Imam, Selasa (14/1).

Akibat banjir, kata dia, warga susah berkegiatan, ekonomi terganggu. Padahal, di sini banyak pelaku usaha, seperti pengusaha Apotek, Klinik, Bakso. Kemudian resto ayam geprek, penjual soto, nasi goreng, kios penjual ponsel, dll.

“Wilayah yang terdampak banjir hanya di sepanjang Jl Tambak Dalam Raya. Sementara wilayah lain aman karena sudah ditinggikan,” imbuhnya.

Gorong-gorong

Pantauan di lapangan, kondisi jalan itu terlihat berlubang dan bergelombang karena paving yang ambles. Jalan tersebut memang sering dilewati kendaraan besar seperti truk.

Warga Dempel Barat, RT 1 RW 8, Kelurahan Sawah Besar, Riswanti mengatakan, sejak dia kecil, Jalan Tambak Dalam Raya itu memang tidak pernah surut jika musim hujan. Sepanjang jalan itu hampir tidak ada celah, semua tertutup oleh air yang mengalir dari banyak arah.

“Terutama dari lapangan dan tanah pekuburan di RW 3. Saat hujan deras air bisa naik setinggi lutut orang dewasa,” katanya.

Penjual bensin eceran itu mengungkapkan, wacana peninggian jalan sudah ada sejak lama. Namun tidak kunjung direalisasikan.

“Kami harap pemerintah serius melihat permasalahan ini. Jalan di sini harus ditinggikan. Selain itu kami juga minta dibuatkan gorong-gorong yang baru atau minimal gorong-gorong lama dinormalkan,” tutur Riswanti.

Adapun Sekretaris Kelurahan Sawah Besar, Achmad Syaiful mengatakan, permukaan tanah di jalan utama lebih rendah sehingga menyebabkan air hujan terkonsentrasi ke Jalan Tambak Dalam Raya. Sementara jalan di beberapa gang telah ditinggikan.

“Kami akan meninggikan jalan sekitar 50 sentimeter dan dilebarkan tiga meter. Hal itu dilakukan untuk menuntaskan permasalahan banjir yang selama ini terjadi,” jelasnya.(bib-22,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *