KEBUMEN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) terkait teknik mengunggah informasi dan dokumentasi di website ppid.kebumenkab.go.id yang dikelola instansi itu.
Acara di Aula Diskominfo Kebumen tersebut diikuti 54 peserta perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan Se-Kebumen. Tampil sebagai narasumber Anindya Arief, Agung Widiyatmaka dan Imam Taufiqurahman dari Diskominfo Kebumen. Anindya Arief menjelaskan beberapa poin penting yang harus dilakukan setiap admin sebelum dan saat mengupload informasi maupun dokumentasi ke website.
Diantaranya, berita yang di upload atau di posting haruslah berita yang uptodate dan memenuhi standart jurnalistik . “Seorang admin atau pengelola haruslah memahami. Selain itu juga menguasai dasar pembuatan sebuah berita,” katanya.
Selebihnya, seorang pengelola laman (website) atau admin sosmed juga dituntut untuk kaya informasi. “Semua berita yang diunggah haruslah berita terkini. Sesuatu yang tengah menjadi tren,” imbuhnya.
Dalam bimtek tersebut peserta tidak hanya mendapat teori tetapi praktik langsung. Walhasil mereka benar-benar paham dan menguasai teknis dalam membuat dan mengunggah berita. (K5-33)