Pemkab Salurkan Beras kepada Nelayan

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal memberikan bantuan beras kepada warga yang bekerja sebagai nelayan di Kecamatan Kendal. Pemberian beras bertujuan membantu nelayan dalam menghadapi musim paceklik.

Penyerahan dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bekerja sama dengan Baznas Kendal serta Korpri. Total bantuan beras sebanyak tiga ton lebih dengan masing-masing keluarga mendapatkan lima kilogram.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal, Sri Harjito mengatakan, pemberian bantuan itu murni kegiatan tahunan ketika nelayan mengalami paceklik. Kegiatan itu tidak terdapat hubungan dengan aturan pemerintah yang menganjurkan berdiam diri di rumah karena wabah virus corona.

Setiap tahun pada musim paceklik yaitu Desember hingga Maret, nelayan kerap tidak bisa mendapatkan hasil laut yang memuaskan karena gelombang tinggi.

”Kami menggandeng baznas dan Korpri,” kata dia, baru-baru ini.

Ia menambahkan, dari Baznas Kendal memberikan bantuan dua ton beras untuk 400 paket yaitu satu paket sebanyak lima kilogram. Pemberian beras diberikan secara langsung dari rumah ke rumah. Hal itu bertujuan menghindari kerumunan warga yang saat ini tidak dianjurkan pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona.

”Penyerahan bantuan beras diberikan kepada masing-masing ketua RT. Nanti ketua RT yang membagikan ke rumah nelayan,” ucap Sri Harjito.

Lurah Bandengan, Sutarjo menambahkan, bantuan beras itu rutin didapat nelayan, terutama pada musim paceklik. Setiap tahun dari pemda, baznas dan korpri memikirkan nelayan yang mengalami paceklik. ”Saya berharap bantuan beras ini bermanfaat dan meringankan beban untuk kebutuhan nelayan,” ujarnya. (H36-48,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *