SM/dok PEMELIHARAAN JALAN : Sejumlah pekerja mengaspal jalan yang rusak di ruas Dampal-Magangan. Perbaikan itu masuk dalam program pemeliharaan jalan.(22)
- Regional Jateng

Pemkab Mulai Perbaiki Jalan Rusak

KENDAL – Perbaikan jalan rusak di Kabupaten Kendal mulai dilaksanakan. Perbaikan itu menyasar jalan yang rusak ringan dan tidak membutuhkan biaya besar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Sugiyono mengatakan, pemeliharaan jalan tersebut sudah dilakukan sejak pekan lalu.

Petugas menyasar jalan rusak ringan, seperti aspal yang mengelupas dan membentuk lubang jalan.

”Kami menganggarkan Rp 15 miliar untuk pemeliharaan jalan yang kerap disebut mobiling rate,” kata dia, Selasa (13/8).

Ia menjelaskan, anggaran pemeliharaan jalan Rp 15 miliar itu digunakan untuk pembelian aspal senilai Rp 6 miliar, sewa alat dan upah pekerja sebesar Rp 3 miliar, dan pengadaan material Rp 6 miliar. Lelang aspal, lanjutnya, sudah ada pemenangnya, sehingga pekerjaan bisa langsung dilaksanakan.

”Sasarannya merata di wilayah Kendal. Terdapat lima UPTD DPUPR yang melakukan perbaikan jalan berlubang,” terangnya.

Menurutnya, pengadaan material seperti batu dan pasir, proses pengadaan dilakukan secara bertahap. Hal itu supaya di sepanjang tahun bisa dilakukan penambalan jalan berlubang.

”Kami kerahkan 17 setum wales dan masih mendapat pinjaman dari pihak luar. Harapan kami setiap ada keluhan jalan berlubang bisa langsung diperbaiki,” kata dia.

Ketua Komisi C DPRD Kendal, Nashri, mengapresiasi pemeliharaan jalan tersebut. Dia kerap mendapat keluhan warga tentang jalan berlubang yang tidak kunjung diperbaiki. ”Saya sering mendapat keluhan dari warga soal jalan yang rusak. Kenapa tidak segera diperbaiki,” katanya.

Dia menambahkan, tapi sekarang sudah mulai ada pekerjaan di lapangan. Anggaran pemeliharaan jalan tahun 2019 juga dinaikkan cukup signifikan. Tahun 2018 hanya Rp 3 miliar. Namun, sekarang mencapai Rp 15 miliar.

”Harapan dari DPRD Kendal ketika ada laporan jalan rusak, bisa ada unit reaksi cepat terhadap perbaikan jalan rusak,” jelas dia. (H36-22)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *