Pemkab Deklarasi Damai Pascapemilu

KENDAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal mendeklarasikan Damai Pascapemilu 2019. Deklarasi dibacakan oleh Sekda Kendal Moh Toha. Adapun isinya antara lain menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menjaga keamanan di Kendal, menerima dan mengawal hasil pemilu serta siap untuk tidak mudah terprovokasi.

Deklarasi digelar pada acara Rakor Masalah Strategis dan Aktual yang digelar Kantor Kesbangpol Kendal di pendapa kabupaten, Kamis (9/5). Rakor mengambil tema Antisipasi Kerawanan Pascapemilu Serentak 2019. Deklarasi dihadiri, antara lain TNI, Polri, KPU, Bawaslu, OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tim pemenangan pasangan calon 01 dan 02.

Moh Toha mengajak seluruh elemen di Kabupaten Kendal tetap menjaga persatuan dan persaudaraan. Mereka yang sebelumnya berbeda pilihan setelah berakhirnya pesta demokrasi harus kembali bersatu. Masyarakat agar bersyukur karena baru saja melewati puncak pergelaran pemilu serentak. ”Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh warga, petugas yang terlibat baik itu KPU, Bawaslu, PPK, KPPS dan pengawas, serta jajaran keamanan atas kerja kerasnya dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu,” tegasnya.

Ditambahkan, pemilu di Kabupaten Kendal berjalan dengan lancar, damai, dan sukses. Siapa pun harus menghormati keputusan dari Komisi Pemilihan Umum KPU yang secara resmi akan diumumkan, 22 Mei 2019. ”Kepada TNI, Polri dan seluruh jajaran keamanan agar bertindak tegas untuk menindak dan menetralisasi berbagai aksi yang akan mengganggu ketertiban dan keamanan nasional serta keutuhan bangsa Indonesia setelah pemilu,” ucap dia.

Dandim Kendal Letkol Inf Ginda Muhammad Ginanjar meminta warga dan semua pihak, untuk menghargai para calon presiden serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, memelihara perdamaian dan kondusivitas wilayah. ”Jangan melakukan tindakan anarkis yang melanggar hukum dan peraturan Perundangan-undangan yang berlaku sambil menunggu hasil resmi penghitungan suara oleh KPU,” tuturnya. (H36-22)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *