Pemain Asing Satya Wacana Dipulangkan

SALATIGA – Semua pemain asing Satya Wacana Salatiga yang berjumlah tiga orang dipulangkan ke negaranya Amerika Seikat setelah dihentikannya sementara liga basket profesional Indonesian Basket League (IBL). Penghentian IBL ini terkait merebaknya wabah virus korona yang di Indonesia.

Pelatih Satya Wacana Efri Meldi mengatakan, pemulangan pemain asing itu juga sesuai arahan dari panitia IBL. Tujuannya demi keselamatan pemain yang bersangkutan dan juga seluruh pemain IBL dan keluarganya.

”Pemain asing pulang semua. Untuk pemian lokal diliburkan sambil menunggu kepastian kelanjutan kompetisi,” katanya.

Pelatih asal Sumatera Barat ini menyatakan, penghentian kompetisi masih bersifat sementara. Meski begitu, ia tidak tahu kepastian kapan kompetisi akan dilanjutkan. Termasuk memanggil kembali pemain asing itu, perlu dilakukan atau tidak, pihaknya belum mengetahui karena masih menunggu perkembangan.

Lanjutan pertandingan Seri VII IBL yang seharusnya digelar di Malang 14-16 Maret lalu, dihentikan sementara hingga waktu belum ditentukan. Penundaan karena virus korona yang saat ini sudah merebak ke Indonesia dan menjadikan tidak kondusif.

Efri Meldi memahami keputusan panitia karena dengan pertimbangan lebih luas. Yaitu, demi keselamatan pemain dan juga para pecinta bola basket, serta masyarakat pada umumnya.

”Kami ikut saja apa yang menjadi keputusan panitia IBL. Penundaan juga mempertimbangkan arahan pemerintah dalam hal ini Kemenpora,” katanya.

Tim Satya Wacana sebenarnya masih menyisakan enam pertandingan yang terbagi dalam dua seri yaitu di Malang dan Yogyakarta. (H32,H85-29)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *