Pedagang Pasar Tradisional di Solo Jalani Rapid Test

JAKARTA- Pemerintah Kota Surakarta mengambil langkah cepat dengan mengadakan rapid test massal secara acak di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional di Surakarta

Pada Jumat (22/5), sekitar 300-an sampel darah diambil dari pengunjung, pedagang, kasir, dan juru parkir di 12 pasar tradisional serta pusat perbelanjaan.

Lokasi yang dilakukan rapid test hari ini adalah Pasar Rejosari, Burung Depok, Pasar Nusukan, Pasar Klewer, Beteng Trade Center ( BTC), Pusat Grosir Solo ( PGS), Matahari Singosaren, Luwes Gading, Luwes Nusukan, Pasar Jongke, Pasar Sidodadi.

“Tujuannya untuk mencegah terjadinya paparan seperti yang terjadi di pusat perbelanjaan Indogrosir Sleman, Yogyakarta. Sebagai antisipasi agar tidak terjadi kasus baru,” tegas Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.

Metode yang dipakai dalam kegiatan tersebut adalah rapid test metode serum atau darah lipat siku (whole blood), yakni cairan di atas bekuan darah sebagai antibodi atau sistem pertahanan tubuh.

Teknisnya darah dari lipatan siku perlu diputar di dalam tabung centrifuge dengan menunggu selama 15 menit sehingga menghasilkan serum.

“Kemungkinan positif terhadap penyakit pun lebih tinggi daripada darah yang diteteskan langsung.”

Sebagaimana diketahui, saat ini Pemkot Surakarta menyisakan empat pasien positif Covid-19. (J5-67)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *