LIHAT RENCANA INDUK : Direktur PDAM Tirta Purwitasari, Hermawan Wahyu Utomo (kiri) bersama dengan Bupati Agus Bastian sedang melihat rencana induk (masterplant) pembangunan fasilitas PDAM, di Kantor Cabang Purwodadi, belum lama ini.(26)
- Ekonomi

PDAM Purworejo Mampu Penuhi Kebutuhan NYIA

PURWOREJO, Suaramerdeka.news – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Purwitasari Purworejo yakin mampu menyuplai kebutuhan air bersih untuk Bandara Baru Yogyakarta International Airtport (YIA) di Kulonprogo DIY.

Direktur PDAM Purworejo Hermawan Wahyu Utomo mengatakan, ada tiga sungai besar yang dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi air bersih, dan jangkauannya tidak terlalu jauh dengan bandara. Ketiga sungai tersebut dinilai dapat memenuhi kebutuhan air di wilayah bandara.

“Untuk tahap awal akan kami bangun instalasi air bersih di Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen untuk mengolah air Sungai Bogowonto. Kebetulan di Desa Dadirejo ada lokasi yang posisinya cukup tinggi sehingga memudahkan untuk mendistribusikan air ke bandara,” katanya.

Menurutnya, sebagai tahap awal untuk sumber air yang berasal dari Sungai Bogowonto diperkirakan mampu menyuplai 50 liter per detik ke bandara YIA. “Kebetulan lokasinya sangat dekat, hanya sekitar 3,5 km sehingga sangat mudah untuk menyuplai air bersih,” jelasnya.

Ditambahkan pula, jika cadangan dari Sungai Bogowonto masih kurang, Purworejo masih memiliki dua cadangan sumber air besar yakni Sungai Jali dan Sungai Wawar. “Dari dua sungai itu selama ini, sebagian besar airnya terbuang percuma ke laut selatan,” tambah Hermawan Wahyu Utomo .

Dari perhitungan bisnis lanjut Hermawn Wahyu Utomo, sama-sama menguntungkan, sebab ketersediaan air dari Kulonprogo sendiri cukup terbatas. Sedang investasi ini bagi Purworejo tidak telalu besar jika dilihat dari segi manfaat sekitar Rp 29 miliar.(shp-26)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *