Paving Lapangan Pancasila Diminta Diperbaiki

-Jalan Sukowati Tidak Nyaman dan Berbahaya

SALATIGA – Sejumlah pengendara mengeluhkan ketinggian paving jalan di ujung Jl Letjen Sukowati, yang berhubungan dengan Lapangan Pancasila. Paving jalan dinilai tidak nyaman dan rawan kecelakaan. Selain itu, Jalan Letjen Sukowati yang lebih rendah dengan jalan paving, sering tergenang air saat hujan deras mengguyur.

”Saya merasa tidak nyaman saat melintas di Lapangan Pancasila, baik dari arah Jalan Adisucipto atau dari Jl Letjen Sukowati. Sempat mau terjatuh waktu pertama kali lewat, pekan lalu,” kata Usman (35) pengendara sepeda motor, warga Kelurahan Mangunsari, Selasa (10/12).

Menurutnya, seharusnya antara paving dan jalan aspal dibuat sejajar (datar) atau setidaknya pertemuan antara jalan aspal dengan jalan paving dibuat landai. Keluhan yang sama juga disampaikan Mardiono (55), pengemudi mobil, warga Kutowinangun Lor. Dia mengaku kaget, ketika melintas dari Jalan Letjen Sukowati menuju Jalan Brigjen Sudiarto.

”Serasa melewati gundukan ”polisi” tidur yang cukup tinggi, sehingga terasa terjadi benturan saat ban melintas di jalan paving,” ungkap karyawan swasta itu.

Anggota Komisi C (pembangunan) DPRD Kota Salatiga, Bonar Novi Priatmoko mengatakan, pihaknya sudah menyuruh agar pelaksana proyek Revitalisasi Lapangan Pancasila membongkar paving jalan yang terlalu tinggi, termasuk paving yang menutup gorong-gorong jalan.

Akan Diperbaiki

Menurutnya dampak paving jalan itu, menutup sejumlah gorong-gorong di sekitar Lapangan Pancasila.

”Sudah saya minta dibongkar karena beberapa gorong-gorong (drainase) juga ditutupi paving. Saat hujan lebat, air meluap ke jalan dan masuk ke area gereja,” kata anggota Fraksi PDIP tersebut, saat melakukan pemantauan proyek

Revitalisasi Lapangan Pancasila

Bonar mengungkapkan bila paving di ujang Jl Letjen Sukowati yang berhubungan dengan Lapangan Pancasila merupakan bagian dari pekerjaan. Namun pertu ditata dengan baik, sehingga pengguna jalan lebih nyaman, tidak berbahaya, dan tidak menyebabkan aliran air meluap, saat hujan deras mengguyur.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga, Prasetyo Ichtiarto ketika dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya akan meminta perbaikan paving jalan di pertigaan Jl Letjen Sukowati dan Lapangan Pancasila itu.

”Nanti jalan itu diperbaiki, agar pengguna jalan nyaman,” ucap Prasetyo. (H2-48,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *