PASI Jateng Dorong Peningkatan Kompetensi Pelatih

SEMARANG- Peningkatan kompetensi pelatih atletik di Jateng terus didorong oleh Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jateng. Bersama PB PASI, melakukan pelatihan Level 1 International Association of Athletics Federations (IAAF) di Trilomba Juang Semarang. Kegiatan yang telah berlangsung sejak 1 November lalu itu diikuti 46 pelatih dari 17 provinsi di Indonesia.
”Pelatihan ini tidak hanya bagi Jateng saja, tetapi dari provinsi lain. Kegiatan pelatihan ini dari PB PASI yang bertujuan mencetak pelatih atletik yang benar-benar kompeten terutama untuk atlet tingkat pemula. Karena dasar-dasar pelatihan yang benar harus diberikan sejak awal atlet belajar atletik,” tutur Ketua Harian Pengprov PASI Jateng Rumini di sela-sela kegiatan di Lintasan Atletik Trilomba Juang Semarang, kemarin.
Khusus bagi Jateng, untuk membangun pondasi pembinaan atlet sejak dini. Diperlukan pelatih yang benar-benar tahu dan menguasai bagaimana melatih atlet pada level pemula. Dengan demikian regenerasi berjalan dengan melahirkan atlet atletik yang mampu berbicara di level nasional dan internasional. Peserta mendapat materi dari Rumini (Unnes), Eddy Purnomo (PB PASI), Raup Bin Tasim (Brunai Darrusalam), dan Winda Prasepty.
”Salah satu materi adalah membuat program latihan dan periodesasinya. Bukan hanya teori tetapi juga praktik. Ini yang membuat kami semakin yakin pelatih Jateng bisa menerapkan kepada atlet-atlet binaan,” jelas Rumini.
Adapun sasaran bagi PB PASI adalah munculnya bibit atlet potensial dari berbagai daerah. Usai dari pelatihan ini, setidaknya bisa menerapkan langsung di daerah masing-masing. Lebih jauh, bisa membagikan ilmu kepada pelatih lain. Sehingga pengetahuan bagaimana cara membina dan mencari atlet muda yang potensial semakin merata di Jateng.(H85,mam-47)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *