Parpol Usulkan Revisi Perbup 57/2018

UNGARAN, Suaramerdeka.news – Partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019, mengusulkan revisi Peraturan Bupati Semarang Nomor 57 Tahun 2018, tentang lokasi dan pemasangan alat peraga kampanye.

Usulan itu disampaikan kepada KPU Kabupaten Semarang, dalam Evaluasi Rangkaian Pemilu serentak 2019, kemarin. Dari evaluasi itu, beberapa parpol menyampaikan keberatannya tentang larangan alat peraga kampanye, karena lokasi yang dilarang adalah area yang dinilai strategis.

”Mereka meminta lokasi pemasangan alat peraga kampanye yang tertuang dalam Perbup 57/2018 direvisi,” kata Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi, Jumat (2/8).

Dalam kesempatan itu, perwakilan parpol yang hadir juga meminta KPU untuk menyiapkan anggaran pemasangan alat peraga kampanye, yang difasilitasi atau dibuatkan oleh KPU.

”Harapan mereka seperti itu, kemudian kaitannya dengan permohonan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari kepolisian kalau bisa parpol meminta tidak harus lewat Polres Semarang. Tetapi hal itu sudah menjadi keputusan dari pusat, sehingga tetap wajib untuk dipatuhi,” tandasnya.

Ketika disinggung kapan Badan Adhoc untuk Pemilu Bupati-Wakil Bupati Semarang 2020 mulai dibentuk? Maskup memastikan, perekrutannya mulai Februari 2020 mendatang. Adapun masa kerja PPK dialokasikan untuk 9 bulan, dan masa kerja PPS selama 8 bulan.

Pada 6 Agustus 2019 mendatang, KPU Kabupaten Semarang akan mengundang seluruh pemangku kepentingan, untuk meminta masukan tentang tema, jingle, serta maskot Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Semarang 2020. Jika sudah ada temanya, nantinya akan dilanjutkan dengan sayembara atau lomba.

”Mulai September 2019, nanti ada penyusunan rancangan dan regulasi Pemilu Bupati-Wakil Bupati Semarang 2020,” tuturnya. (H86-42)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *