xpornplease.com pornjk.com porncuze.com porn800.me porn600.me tube300.me tube100.me watchfreepornsex.com

“Parasite” Membuka Jalan untuk Asia

LOS ANGELES -Film Korea Selatan Parasite mengukir sejarah dengan memenangi penghargaan Film Terbaik pada ajang Academy Awards atau Piala Oscar 2020, pencapaian yang belum pernah diraih oleh film berbahasa non-Inggris sejak edisi pertama Oscar pada 1929.

Film besutan Bong Joon-ho yang mengisahkan satire tentang perbedaan kelas sosial di Korsel itu juga membawa pulang tiga penghargaan lainnya, yakni Naskah Asli Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Film Internasional Terbaikónama baru kategori Film Asing Terbaik. Bong Joon-ho menjadi sutradara Asia kedua yang berhasil meraih Piala Oscar setelah Ang Lee untuk karyanya, Brokeback Mountain (2006) dan Life of Pi (2013).

Joon-ho mencatatkan diri sebagai sutradara Korea Selatan pertama yang memenangi Oscar pada kategori Best Director. Ia mengalahkan nama-nama tenar, yaitu Martin Scorsese (The Irishman), Quentin Tarantino (Once Upon a Time in Hollywood), Todd Phillips (Joker), dan Sam Mendes (1917) yang menjadi nomine sutradara terbaik tahun ini.

Dalam pidato kemenangannya, Joon-ho mengungkap peran tak langsung Martin Scorsese dalam kariernya. Sutradara senior Hollywood itu menjadi salah satu inspirasinya dalam berkarya. “Ketika aku muda dan belajar perfilman, ada kata-kata yang kuukir dalam hatiku, yaitu, yang paling pribadi adalah yang paling kreatif. Quoteitu datang dari Martin Scorsese,” kata Joonho sembari menunjuk Scorsese.

Seluruh undangan yang memenuhi Dolby Theatre, Los Angeles tempat digelarnya Oscar 2020 langsung memberikan standing ovation untuk Scorsese. Yang bersangkutan tersenyum dan mengacungkan jempolnya pada Joon-ho. “Ketika aku masih sekolah, aku mempelajari film-film Martin Scorsese. Masuk nominasi (Oscar) saja sudah merupakan suatu kehormatan.

Aku tak pernah menyangka akan menang,” lanjut sutradara berusia 50 tahun itu. Selain Scorsese, Bong Joon-ho juga menyebut Quentin Tarantino dalam pidato kemenangannya. “Ketika orang-orang Amerika belum familiar dengan filmku, Quentin selalu memasukkan film-filmku dalam daftarnya. Quentin, i love you,” tuturnya.

Dalam sejarah Oscar, selama hampir 50 tahun hanya empat film Asia yang meraih penghargaan Film Asing Terbaik. Pada 2001, Crouching Tiger, Hidden Dragon yang mewakili Taiwan meraih penghargaan kali pertama setelah sepi award sejak 1955. Jepang merebut piala keempat pada 2009 dengan film Departures karya sutradara Yojiro Takita.

Iran memenangi Oscar kali pertama pada 2012 dengan film A Separation, diikuti oleh The Salesman pada 2017 yang keduanya disutradarai oleh sineas Asghar Farhadi. Sejak 1929, ada 142 nominasi dari Asia dan Timur Tengah pada 24 kategori. Sebanyak 26 yang berhasil memboyong piala berasal dari Asia, tidak termasuk tujuh piala kehormatan dan penghargaan nonkompetisi.

Selama 92 tahun, hanya tiga dari 100 nominasi Oscar berasal dari Asia. Setelah tahun 2000, jumlah nominasi dari Asia melonjak lebih dari dua kali lipat dibandingkan dekade sebelumnya. Film Crouching Tiger, Hidden Dragon dinominasikan dalam tiga kategori utama, yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Film Asing Terbaik.

Parasitejuga berkompetisi dalam kategori yang sama pada Oscar 2020. Adapun satu-satunya aktris Asia yang berhasil merebut piala adalah Miyoshi Umeki yang berperan sebagai aktris pendukung dalam film Sayonara (1958). Dua dekade kemudian, aktor Kamboja Haing S Ngor meraih penghargaan sebagai Aktor Pendukung Terbaik dalam film The Killing Fields (1984).

Bong Joon-ho adalah sutradara keempat dari Asia yang berhasil dinominasikan dalam Oscar, mengikuti jejak sineas Jepang Hiroshi Teshigara (Woman in the Dunes pada 1966), Akira Kurosawa dari Jepang (Ran, 1986), dan sutradara Taiwan Ang Lee (Crouching Tiger, Hidden Dragon, 2001).

Sebelum berjaya di Oscar, Parasite sudah mengukir sejarah dengan mengantongi banyak penghargaan, mulai dari meraih empat nominasi dalam ajang Golden Globe Awards ke-77 dan berhasil menyabet piala Film Berbahasa Asing Terbaik.

Pada ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), Parasite meraih empat nominasi dan membawa pulang dua piala, yaitu kategori Original Screenplay dan Film Not In The English Language. Parasite juga menjadi film nonbahasa Inggris pertama yang memenangi Screen Actors Guild Award untuk kategori Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture. Pada Piala Oscar tahun ini, Parasite berhasil mengalahkan Joker dan 1917yang menjadi favorit film terbaik.

Walaupun hanya mendapatkan enam nominasi, Parasite berhasil mengalahkan Joker yang mendominasi dengan 11 nominasi. Joker meraih penghargaan pada kategori Aktor Terbaik (Joaquin Phoenix). Adapun Renee Zellweger memenangi penghargaan Aktris Terbaik untuk perannya sebagai Judy Garland dalam film Judy. (bbc-19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

izmir escort