- Regional Jateng

Pacuan Kuda Ambal Ditonton 100 Ribu Pengunjung

KEBUMEN – Pacuan kuda di Ambal, Kebumen yang berlangsung sejak 9 Juni memasuki babak final Rabu (12/6). Lomba tahunan yang memeriahkan liburan Lebaran itu mampu menyedot hingga 100 ribu pengunjung.

Kebumen sebagai tuan rumah lomba yang diikuti 126 kuda dari berbagai daerah di tanah air itu menjuarai kelas terbuka piala bupati. Juara kedua juga masih diraih Kebumen dan juara tiga pada kelas yang menempuh jarak 2.000 meter itu dari Purworejo. Bupati Yazid Mahfudz mengapresiasi perhelatan tersebut.

“Semoga kuda pacu di Kebumen semakin baik dan jokinya kian handal,” katanya.

Final yang berlangsung di lapangan Tegalrejo, Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal kemarin menampilkan 11 kelas. Suasana semarak sejak awal pertandingan yang diikuti kelas mini A 1.000 meter. Pengunjung yang membanjiri arena pacuan ikut memberikan dukungan. Sorak sorai pun membahana saat kuda jagoannya finish terdepan. Tampil sebagai juara satu kelas mini A kuda bernama Rinjani dari Garut Jabar, juara dua kuda bernama Cah Ayu Jateng, dan juara tiga kuda bernama Pelaes Depok Jabar.

Selanjutnya kelas pemula berturut-turut dimenangkan kuda dari Garut, Jabar serta juara dua dan tiga dari Kebumen. Adapun kelas remaja, Kebumen meraih juara satu dan dua. Disusul kuda dari Purworejo juara tiga.

Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kebumen Bambang Paryono mengatakan, pacuan kuda di Ambal yang disaksikan 100 ribu pasang mata terbukti masih diminati masyarakat untuk menikmati liburan Lebaran.

“Ke depan akan kita tingkatkan agar penyelenggarannya lebih baik lagi,” katanya. (K5-58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *