ODP Miskin Jadi Sasaran Utama Penyaluran Sembako

KLATEN- Posko Penerimaan Logistik Bencana Covid19 Tahun 2020 yang digagas Kodim 0723 Klaten, Polres Klaten dan relawan terus menerima bantuan dari berbagai kalangan, baik perorangan, lembaga, organisasi dan lainnya.

‘’Misi kemanusiaan untuk bencana Covid yang dilakukan relawan bersama Kodim dan Polres semakin banyak mendapatkan perhatian masyarakat, Bantuan yang terkumpul makin meningkat,’’ kata Komandan Kodim 0723 Klaten, Letkol Kav Minarso.

Hingga Sabtu (28/3) petang, total bantuan yang diterima Posko Logistik di Markas Kodim Klaten Jalan Pemuda, Klaten Tengah terdiri atas 600 kg beras, 33 karton minyak goreng, 40 karton mi instan, 6 kotak antangin, 5 kotak beng-beng, dan 20 kg gula pasir.

Selain itu ada bantuan 5 paket sembako terdiri atas 4 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng dan 5 bungkus mi instan. Danramik Karangnongko Kapten Suparno melaporkan, ada juga bantuan yang dititipkan di Koramil 11 KarangNongko yakni 100 pack beras @ 2,5 kg, 50 pack beras @ 2,5 kg dan 5 karton mi instan.

Pada hari kedua, bantuan diterima dari relawan Turahan Awu dari lereng Merapi, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, juga bantuan dari pereorangan. Sambutan masyarakat juga sangat positif pada gerakan pentahelix itu.

Dandim menyatakan siap mendistribusikan bantuan tersebut. Bantuan akan segera disalurkan kepada masyarakat miskin yang terdampak social distancing akibat wabah Covid19, terutama kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP) miskin.

‘’Fokus utama kami ODP miskin, karena mereka menjalani isolasi dan tidak boleh kemana-mana. Bayangkan saja, mereka harus berada di rumah terus saja sudah stress, apalagi bila tidak mempunyai penghasilan. Ini yang harus dibantu,’’ tegas Dandim.

Untuk sasaran penyalurannya akan dilakukan berdasarkan data dari bawah. Untuk pendataan dilakukan bekerja sama dengan bidan desa, Babinsa dan Babinkamtibmas yang melakukan up date data setiap haru.

‘’Kalau data dari Pemda ODP ada 800 tapi kan belum tentu semuanya diberi bantuan. Banyak juga ODP yang secara materi berkecukupan bahkan dari kalangan kaya. Jadi kami harus memilah agar bantuan tepat sasaran,’’ tegas Dandim.(F5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *