Objek Wisata Dieng Terapkan Tiket Elektronik

BANJARNEGARA – Objek wisata utama Dieng menerapkan tiket elektronik atau e-ticket. Tiket elektronik berlaku untuk dua objek utama, yakni kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang.
Peresmian tiket elektronik dilakukan oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di pintu masuk kompleks Candi Arjuna, Senin (27/1). Harga tiket untuk dua objek wisata utama tersebut dipatok sebesar Rp 15.000 per orang.
“Dengan e-ticket ini, wisatawan akan lebih mudah membeli tiket. Tidak harus di loket. Namun bisa membeli secara online. Saya yakin kemudahan ini akan menambah volume penjualan tiket dan tentu saja kunjungan wisatawan,” katanya.
Dikatakan, penerapan tiket elektronik ini merupakan upaya Pemkab Banjarnegara dalam meningkatkan pelayanan kepada wisatawan. Selain itu, fasilitas ini juga akan memudahkan Pemkab Banjarnegara dalam memantau kunjungan dan pemasukan daerah dari hasil penjualan tiket.
Infrastruktur
Bupati menyatakan, UPT Pariwisata Dieng berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam pencapaian target pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2019. Karena itu, dari dana APBN sebesar Rp 1,68 triliun pada tahun anggaran 2020, dialokasikan Rp 8,2 miliar untuk pembangunan infrastruktur wisata di Dieng.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, objek wisata Dieng pada 2019 ditarget menyumbang PAD sebesar Rp 11,57 miliar. Sedangkan realisasinya mencapai Rp 15 miliar. “Atas pencapaian ini, kami mengucapkan terima kasih atas doa, dukungan dan motivasi bapak bupati yang terus memotivasi kami beserta seluruh petugas UPT dalam bekerja,” katanya.
Dengan penerapan tiket elektronik ini, pihaknya optimistis akan meningkatkan pendapatan Dieng sebesar 15 persen. Namun, untuk sementara pembelian tiket masih dilayani di loket karena belum tersambung ke jaringan online

secara terpadu.(K36-60)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *