Ngaji Tsunami Tumbuhkan Kesiapsiagaan Masyarakat

PURWODADI, Suaramerdeka.news – Turut berupaya menumbuhkan kesiapsiagaan masyarakat, khususnya yang berada di wilayah pantai, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Purworejo menggelar Ngaji Tsunami dan pengobatan gratis di kawasan Pantai Jatimalang, Kecamatan Purwodadi.

Ngaji Tsunami dan pengobatan gratis tersebut merupakan bagian partisipasi PDA Purworejo menyemarakkan event Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami 2019 yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beserta BPBD se-Jawa, Senin (29/7). Kegiatan Ngaji Tsunami digelar di Masjid Al Khasanah Jatimalang dengan menghadirkan pemateri Nur Ngazizah selaku Ketua Majelis Tabligh PDA Purworejo.

“Dengan kegiatan ini kami harapkan bisa memberikan manfaat pengetahuan dan wawasan bagi warga sekitar pantai selatan,” ungkap Ketua PDA Purworejo, Frin Erma Nurhayati.

Ngaji Tsunami tersebut diikuti peserta yang terdiri dari wali siswa sekolah Muhammadiyah, PKK, serta ketua pengajian sekitar Desa Jatimalang, Jatikontal, dan Geparang yang masuk Kecamatan Purwodadi.

Adapun kegiatan pengobatan gratis dilaksanakan bekerja sama dengan RSU Aisyiyah Purworejo dengan menghadirkan tim dokter dari rumah sakit tersebut. Pengobatan gratis ini diikuti kurang lebih 100 orang warga sekitar.

“Kegiatan Ngaji Tsunami dan pengobatan gratis ini juga dilaksanakan bekerja sama dengan Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Purworejo yang menjadi salah satu NGO yang tergabung dalam Ekspedisi Desa Tangguh Bencana Tsunami 2019 BNPB dan BPBD se-Jawa,” imbuhnya.

Dalam kegiatan Ngaji Tsunami tersebut, Nur Ngazizah menjelaskan berbagai hal terkait bencana tsunami dari tanda-tanda, kejadian, cara menanggulangi, hingga langkah-langkah penyelamatan dan lainnya. Dengan diselenggarakannya Ngaji Tsunami ini diharapkan masyarakat di wilayah pantai selatan lebih memahami dan memiliki kesiapsiagaan terhadap bencana, termasuk bencana tsunami. (H87-26)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *