MUI Jateng : Tiadakan Shalat Jumat

SEMARANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng menyerukan kepada pengelola masjid se-Jawa Tengah agar meniadakan Shalat Jumat untuk sementara waktu.

Selain itu, juga meniadakan Shalat Rawatib dan Shalat Lima Waktu Berjamaah di masjid. Pesan tersebut dikeluarkan setelah melalui rapat dengan Komisi Fatwa MUI Jateng dan sejumlah pengelola masjid besar di
KotaSemarang.

Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji mengatakan, tausiah itu perlu dikeluarkan sebagai langkah pencegahan dan penanganan secara khusus, agar penularan Covid-19 tidak meluas.

”Kepada pengelola masjid dan segenap umat Islam Jawa Tengah untuk tidak menyelenggarakan Shalat Jumat pada 27 Maret 2020. Jamaah bisa menggantikannya dengan Shalat Zuhur di rumah masing-masing,” imbaunya.

MUI Jateng juga meminta pengelola masjid tidak menyelenggarakan jamaah shalat rawatib/jamaah shalat lima waktu dengan tetap mengumandangkan azan sebagai tanda waktu shalat.

”Pengelola masjid supaya tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang, baik di masjid atau di tempat lain. Shalat Jumat selanjutnya, akan dikeluarkan tausiah berikutnya sesuai perkembangan dan situasi,” jelasnya.

Sejumlah imbauan itu dituangkan dalam Fatwa/Tausiah MUI Jateng tentang Penyelenggaraan Ibadah Masjid dalam Situasi Darurat Covid-19. Tausiah dikeluarkan di Semarang pada 24 Maret 2020 dan ditandatangani Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji, Sekretaris KH Muhyiddin, dan Ketua Komisi Fatwa MUI Jateng KH Ahmad Hadlor Ichsan.

Sebelumnya, MUI Pusat mengeluarkan fatwa tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19. Pada bagian ketentuan hukum disebutkan, dalam kondisi penyebaran Covid-19 terkendali, umat Islam wajib menyelenggarakan Shalat Jumat dan boleh aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak.

Sebaliknya, dalam kondisi yang tidak terkendali disuatu kawasan yang mengancam jiwa, umat Islam tidak boleh menyelenggarakan Shalat Jumat di kawasan tersebut, sampai keadaan kembali normal. Umat Islam wajib menggantikannya dengan Shalat Zuhur di tempat masing- masing. (H81-41)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *