Mudik Lebih Nyaman dengan Memesan Tiket Kereta Lebaran Secara Onlin

wikimedia.org

Jakarta,Suara Merdeka.Com.- Pada dasarnya, bekerja memang merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kualitas hidup seseorang. Semakin produktif kita dalam bekerja, maka kualitas hidup kita akan semakin baik. Karena dengan bekerja kita bisa mendapatkan kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan, baik secara psikologis, sosial, afiliasi, dan juga aktualisasi diri. Tetapi dalam bekerja, kita dituntut untuk menyediakan waktu dan energi yang cukup besar untuk pekerjaan kita. Sedangkan pekerjaan merupakan karakteristik yang menggambarkan cara orang memberikan hasil atau tanggung jawab kepada diri sendiri, masyarakat, dan diri sendiri. 

Meskipun bekerja di luar kota, kita harus tetap meluangkan waktu untuk keluarga kita. Namun, jika kota tempat kita bekerja memiliki jarak yang lumayan jauh dengan kampung halaman, maka kita akan kesulitan untuk bisa berkumpul bersama keluarga. Untungnya, sekarang teknologi sudah makin berkembang sehingga kita bisa melepas rindu pada orang terkasih melalui panggilan video. Tetapi, pada momen lebaran atau momen penting lainnya kita pasti ingin sekali pulang dan bertemu keluarga di rumah. Untuk itu, kita harus menyiapkan segala hal dengan baik sebelum persiapan pulang kampung. Selain itu, kita juga harus memilih alat transportasi yang terbaik agar kualitas perjalanan kita terjamin dan kita tak merasa kelelahan yang berarti. Salah satu transportasi yang sangat tepat untuk digunakan pulang kampung adalah kereta api. 

Kereta api memang menawarkan harga tiket yang lebih murah dari transportasi lainnya. Tetapi secara kualitas dan pelayanan, kereta api tak kalah baik dari yang lainnya. Nah, kalau ingin menggunakan transportasi yang anti macet ini untuk pulang kampung maka Anda harus memesan tiket kereta lebaran jauh-jauh hari agar tak kehabisan. Mengingat bahwa momen lebaran menjadi pilihan mayoritas orang untuk kembali ke kampung halaman. Tetapi jangan khawatir, sebagai generasi modern Anda harus pandai menggunakan dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Sekarang ini telah banyak layanan yang melayani pembelian tiket kereta dan produk digital lainnya secara online. Jadi, kalau Anda terlalu sibuk dan malas antre di loket stasiun, Anda bisa memesan tiket kereta secara online di sini.

Keuntungan Menggunakan Kereta Api 

  1. Daya angkut banyak. Yang mana dalam satu rangkaian kereta terdiri dari 7 sampai 9 kereta penumpang. Sehingga, kita bisa pulang kampung bersama-sama dengan rekan kerja yang rumahnya sedaerah dengan kita. 
  2. Memiliki space yang cukup longgar sehingga saat mulai merasa bosan, kita bisa jalan-jalan di dalam gerbong. Jika mau ke toilet pun, kita tak perlu berdesak-desakan. Dengan begitu, perjalanan kita akan terasa lebih nyaman.
  3. Lebih cepat sampai ke tujuan. Kecepatan perjalanan kereta api rata-rata adalah sekitar 70 kpj. Apalagi kereta api memiliki jalur khusus sehingga tak perlu khawatir akan terjebak macet.
  4. Cocok untuk bepergian seluruh anggota keluarga. Ramah anak dan tidak berpotensi membahayakan anak-anak.
  5. Harga tiket relatif lebih murah daripada transportasi lainnya.

Keuntungan Membeli Tiket Kereta Online

Sebagian besar kegiatan yang dilakukan secara online tampaknya memang selalu memberikan banyak keuntungan, termasuk pembelian tiket kereta lebaran secara online. Dengan memesan secara online, Anda tak perlu pergi ke stasiun dan antre panjang untuk mendapatkan selembar tiket menuju kampung halaman. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan sisa waktu luang Anda melaksanakan aktivitas lainnya atau mempersiapkan barang-barang yang ingin dibawa pulang kampung. Lalu apa saja keuntungan pulang kampung atau bepergian menggunakan kereta dibanding alat transportasi lainnya dan tips-tips penting yang harus diketahui? Berikut beberapa keuntungannya, yaitu:

  • Lebih fleksibel, karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja selama 24 jam asalkan jaringan baik. 
  • Lebih hemat karena Anda bisa bebas memilih harga promo yang tersedia.
  • Anda bisa memilih kelas kereta sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa perlu antre lama di stasiun. 
  • Bisa bebas memilih tempat duduk yang paling nyaman dan bisa memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.
  • Bisa memantau jumlah ketersediaan tiket dan juga jadwal kereta tambahan dengan mudah dan cepat. 

Subkelas Kereta Api yang Bisa Anda Pilih Sesuai Kebutuhan

Kelas Ekonomi

Kereta kelas ini memiliki kapasitas sebanyak 106 penumpang dalam satu kereta. Fasilitas yang ditawarkan antara lain adalah bangku, AC, dan colokan listrik. Bangkunya pun tegak dan dilapisi busa yang tidak begitu tebal tetapi tetap nyaman. Umumnya, kereta kelas ekonomi memiliki stasiun tersendiri yang berbeda dengan subkelas lainnya. Ciri khas dari kereta kelas ini adalah bangkunya sambung dan dapat memuat dua sampai tiga penumpang. 

Kelas Bisnis

Yang membedakan kereta kelas ekonomi dan kelas bisnis adalah jenis bangkunya. Jika kelas ekonomi menggunakan bangku sambung yang bisa digunakan sampai 3 penumpang, kelas bisnis menggunakan bangku individu. Artinya, satu penumpang menggunakan satu bangku sendiri. Dalam satu kereta kelas bisnis memiliki susunan bangku dua baris dengan total 64 bangku sehingga jarak kaki penumpang lebih lapang. Sayangnya, bangku kereta kelas bisnis tidak bisa direbahkan, hanya bisa diubah arah hadapnya. Kemudian fasilitasnya hampir sama seperti kelas ekonomi, yaitu ada colokan listrik dan AC atau pendingin udara.

Kelas Eksekutif

Kelas eksekutif kelihatannya memang hampir mirip dengan kelas bisnis. Bedanya, terletak pada kapasitas penumpangnya. Jika kelas bisnis memiliki 64 bangku, kelas eksekutif hanya memiliki 50 bangku. Sehingga jarak antara satu penumpang dengan penumpang lain lebih luas. Selain itu, bangkunya juga memiliki busa yang lebih nyaman dan empuk serta bisa diubah arah hadapnya serta bisa direbahkan hingga 50 derajat. Fasilitas yang ditawarkan oleh kelas eksekutif adalah bantal, selimut, televisi per kereta, colokan listrik, dan juga pendingin udara. Keuntungan lainnya dari kelas ini dari waktu tempuh yang relatif lebih cepat karena tidak berhenti di banyak stasiun seperti kelas ekonomi.

Kelas Prioritas

Pada Agustus 2017 lalu, PT KAI merilis subkelas baru yang dapat dipilih oleh pengguna, yaitu kelas prioritas. Perbedaannya dengan kelas eksekutif pun juga cukup signifikan. Bahkan, fasilitas yang ada di kelas ini dapat dinikmati secara pribadi. Di antaranya ada karaoke menjadi audio video on demand pada setiap tempat duduk dan juga makanan ala carte yang sangat nikmat. Desain keretanya pun juga tampak lebih mewah dari kelas lainnya. Dengan dominasi warna emas dan coklat yang elegan, kereta kelas prioritas berhasil menunjukkan kesan eksklusif. Dalam satu kereta pun hanya tersedia 28 bangku sehingga jarak antar penumpang lebih luas. Kursinya juga didesain menyerupai kursi pesawat yang dilengkapi dengan tumpuan kaki dan dapat direbahkan dengan tuas. 

Kelas Sleeper

Subkelas luxury atau sleeper train merupakan keluaran terbaru dari PT KAI yang dirilis pada 12 Juni 2018. Kelas sleeper ini menjadi kelas tertinggi dan terbaik dari kereta PT KAI. Keunggulan kelas ini terletak pada bentuk bangku yang menyerupai kelas bisnis pada bangku pesawat. Bangkunya pun mempunyai partisi sehingga memberikan suasana yang lebih  privat dan juga dapat direbahkan sampai sudut 150 derajat dengan tombol otomatis yang tersedia. 

Bangkunya pun memiliki busa yang lebih empuk sehingga selama perjalanan Anda dapat istirahat secara maksimal sambil rebahan. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati secara pribadi seperti adalah colokan listrik universal, USB charger, dan juga televisi 12 inci layar sentuh serta earphone. Bahkan, Anda juga akan mendapatkan makanan dua kali dalam perjalanan, minuman, dan lengkap dengan camilan. Untuk menikmati itu semua, tentu saja Anda harus rela merogoh kocek yang lebih dalam.

Tips Bepergian Aman dan Nyaman Menggunakan Kereta Api

Sebelum pesan tiket kereta lebaran secara online, pastikan Anda sudah mempersiapkan segala hal dengan baik agar perjalanan nyaman dan lancar. Nah, berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum bepergian dengan menggunakan kereta api.

Rencanakan jauh-jauh hari 

Tiket kereta dapat dipesan kurang lebih dua atau tiga bulan sebelum keberangkatan. Jika Anda berencana membeli tiket untuk pulang kampung saat lebaran, segeralah pesan tiket atau setidaknya sepekan sebelum tanggal keberangkatan. Dengan begitu, kamu dapat memilih kursi yang paling strategis dan bisa mengurus hal lain dengan maksimal sebelum keberangkatan.

Hindari memesan tiket di peak season

Demi kenyamanan, ada baiknya Anda tidak memesan tiket pada musim liburan atau peak season. Karena pada waktu ini biasanya harga tiket akan melonjak mahal dan cepat habis karena padatnya jumlah pemesan.

Persiapkan identitas lengkap

Saat bepergian menggunakan kereta, kesamaan antara identitas dengan tiket yang Anda pesan merupakan hal yang sangat penting. Jadi, pastikan Anda membawa kartu identitas lengkap di dompet atau di mana pun yang bisa Anda jangkau dengan mudah dan cepat. Jangan sampai Anda meninggalkannya ya!

Gunakan pakaian yang nyaman 

Kenyamanan merupakan hal yang sangat penting saat kita bepergian. Untuk itu, gunakanlah pakaian yang nyaman saat hendak naik kereta api. Jangan gunakan yang terlalu longgar ataupun terlalu ketat yang penting kita tetap nyaman dan bebas bergerak. Dengan menggunakan pakaian yang nyaman, membuat Anda lebih mudah untuk beristirahat saat berada di dalam kereta. 

Cek barang bawaan secara teliti

Saat naik kereta, Anda harus bertanggung jawab terhadap barang bawaan sendiri. Pihak kereta tak akan bertanggung jawab atas segala bentuk kehilangan karena kelalaian penumpang. Untuk menghindari kehilangan, sebaiknya Anda mengecek dengan teliti barang bawaan sebelum berangkat ataupun saat akan turun dari kereta.

Agar perjalanan yang Anda lakukan semakin menyenangkan maka pastikan untuk menyiapkan n makanan, minuman, camilan, dan lain sebagainya. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat perjalanan menggunakan kereta mungkin akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk mengantisipasi kebosanan, Anda bisa membawa makanan atau camilan kesukaan Anda untuk dinikmati di kereta. Anda juga bisa mengunduh film atau video yang bisa ditonton di kereta. Dengan mempersiapkan beberapa hal tersebut, dijamin perjalanan yang Anda lakukan semakin menyenangkan dan jauh dari kebosanan. Itulah ulasan lengkap tentang beberapa cara memesan tiket kereta pada saat lebaran atau momen-momen lainnya. Agar tidak kehabisan, pastikan untuk memesan jauh-jauh hari ya! Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu. Selamat berlibur! .(budi nugraha/69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *