Menangkal Corona, Seluruh Napi Rutan Wonogiri Minum Jamu Buatan Sendiri

WONOGIRI- Aksi menarik dilakukan para petugas dan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wonogiri untuk menangkal penyakit virus corona (Covid-19). Mereka secara rutin minum jamu dari empon-empon yang dibudidayakan sendiri.

Kepala Rutan Kelas IIB Wonogiri Urip Dharma Yoga mengungkapkan, pihaknya mempunyai apotek hidup di lahan bagian belakang Rutan tersebut. “Dari apotek hidup itu, kami membuat jamu empon-empon setiap pagi. Semua petugas dan warga binaan minum jamu setiap pagi,” katanya, Selasa (24/3).

Itu merupakan salah satu usaha agar kesehatan dan ketahanan tubuh tetap terjaga, sehingga mampu menangkal penyakit Covid-19. “Kabupaten Wonogiri kaya akan empon-empon. Itu kami manfaatkan untuk membuat jamu. Bahan-bahannya seperti jahe, kunyit, temulawak, kayu manis dan sebagainya,” terangnya.

Jumlah warga binaan Rutan Kelas IIB Wonogiri mencapai 408 orang. Terdiri atas 393 laki-laki dan 15 perempuan. Mereka juga rutin mengikuti olah raga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Selama darurat Covid-19, kunjungan atau besuk ditutup sementara. Meski demikian, pihaknya memfasilitasi para warga binaan yang ingin berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga melalui videocall (komunikasi video).

Adapun para pengunjung yang ke luar-masuk Rutan juga harus menjalani penyemprotan desinfektan. Pihaknya telah membuat bilik penyemprotan di depan gerbang. “Kalau menyemprot orang satu per satu tidak mungkin. Makanya kami membuat itu, sehingga pengunjung tinggal memencet tombol, desinfektan menyemprot sendiri dari atas,” ujarnya. (Khalid Yogi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *