SM/dok LATIHAN FISIK:Para pemain PSIS menjalani latihan fisik pada hari pertama berkumpul selepas libur lebaran di Magelang, Senin (10/6) pagi. (17)
- Olahraga

Matsunaga dan Wopi Dapat Nilai Terbaik

KOTA MAGELANG-Setelah diliburkan selama sembilan hari, para penggawa PSIS Semarang menjalani tes fisik pada hari pertama latihan di Lapangan Demon Akademi Militer Magelang, Senin (10/6).
Dari sebagian besar pemain yang sudah bergabung dan ambil bagian dalam sesi latihan itu, Shohei Matsunaga dan Kalvin Wopi mendapat nilai terbaik. Hal itu dikemukakan Pelatih Fisik PSIS Budi Kurnia. Tes fisik yang dijalani Hari Nur Yulianto dan kolega adalah cooper test dan standing broad jump.
”Soal kondisi fisik, dua pemain yang naik signifikan adalah Shohei dan Kelvin. Hal ini sangat bagus bagi dua pemain tersebut. Untuk yang lain cenderung stabil,” papar Budi.
Dia menjelaskan cooper test dilakukan dengan cara berlari selama 12 menit untuk menguji daya tahan tubuh. Sementara standing broad jump bertujuan mengukur kekuatan otot pemain.
”Secara umum hasil tes fisik para pemain tidak mengalami kendala. Ini melegakan tim pelatih, karena kami tak perlu memberikan program khusus untuk meningkatkan kondisi fisik pemain seandainya ada yang menurun,” tandasnya.
Motivasi
Terkait berat badan, tim pelatih tak menemukan pemain yang overweight. Meski demikian, Pelatih Kepala Jafri Sastra menilai masih ada yang menurun pada skuadnya. Dia menyebut motivasi bermain yang belum tampak bagus sejauh ini.
”Dari hasil tes kali ini, saya melihat hasilnya berbeda-beda. Sebanyak 30 persen high, 30 persen medium, dan 40 persen low. Hasilnya rata-rata. Kalau dari hasil ini, masih banyak yang harus ditingkatkan, salah satunya motivasi,” ujar Jafri.
Sementara itu, ada beberapa pemain yang belum datang pada latihan Senin pagi. Mereka adalah Arthur Bonai, Safrudin Tahar dan Jandia Eka Putra. Adapun empat penggawa asing seperti Patrick Mota, Matsunaga, Silvio Escobar, dan Wallace Costa sudah merapat.
General Manager Wahyoe ”Liluk” Winarto mengumumkan laga Shopee Liga 1 2019 selanjutnya adalah melawan Bali United di Gianyar, 22 Juni mendatang. (mam,H85-17)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *