Pendamping Desa sebagai Pusat Informasi Covid-19

Jakarta, Suaramerdeka.News — Sebagai salah satu cara pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di Tanah Air hingga ke daerah-daerah dan desa-desa, dibutuhkan kesiap-siagaan semua komponen bangsa termasuk keberadaan Pendamping Desa.

Hal itu sangat terkait dengan adanya informasi yang benar tentang wabah virus Corona.

“Oleh karena itu, saya yakin para pendamping desa yang tersebar di seluruh Desa dapat menjadi pusat informasi terkait COVID-19 di Desa”, Kata Mantan Menteri Desa, PDTT pertama, Marwan Jafar di Jakarta, Sabtu (21/03/2020).

Marwan Jafar. (SMNews/ benny benke).

Menurut Marwan, situasi masyarakat, terutama di desa-desa, selain membutuhkan informasi yang benar dan akurat terkait COVID-19, dan cara mencegahnya secara benar sesuai protokol kesehatan, juga membutuhkan agen-agen informan yang intens bekomunikasi dan bersosialisasi dengan pihak-pihak di desa.

“Di sinilah peran penting dan strategisnya para pendamping desa dalam melakukan fasilitasi, edukasi, mediasi dan advokasi masyarakat terkait COVID-19”, imbuh Anggota DPR RI FPKB ini.

Dengan cara ini, katanya lagi, para pendamping desa bisa bersinergi mengawal dan mengantisipasi berbagai langkah bersama stakehokder Desa, baik terkait kebijakan pemerintah desa dalam menggunakan sumber daya Desa. Maupun gerakan simulasi pencegahan wabah virus Corona hingga ke tingkat komunitas Desa.

“Dengan peran strategis inilah, saya yakin masyarakat dapat terhindar dari penyebaran virus Corona di desa-desa”, pungkasnya. (Bb-69).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *