Ma'ruf Cahyono
- Politik

Ma’ruf Calon Kuat Ketua Umum

PURWOKERTO – Ikatan Alumni Fakultas Hukum Unsoed (IKA FH Unsoed) Purwokerto secara aklamasi mencalonkan Sekretaris Jenderal MPR RI, Dr Ma’ruf Cahyono,SH MH, maju sebagai calon ketua umum Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman ( KA Unsoed) periode 2019-2023.

Rencananya, kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) III dan reuni akbar alumni, akan berlangsung tanggal 21 September di Auditorium Graha Widyatama Unsoed.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni FH Unsoed, Suwardi SH MH mengatakan, keptusan mencalonkan M’aruf tercetus dari hasil rapat pengutrus di Gedung Dekanat FH, Sabtu (7/9) lalu.

Dalam pertemuan itu, di antaranya hadir, AndrijaniSulistiowati (pengurus pusat), Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FH Unsoed, Dr Kartono SH MH, Prof Dr Muhammad Fauzan SH MHum, serta perwakilan dari berbagai angkatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Pak Ma’ruf didaulat penuh untuk maju sebagai calon Ketum KA Unsoed 2019-2023, selain memiliki pengalaman di pemerintahan dan sosial politik, juga punya jaringan luas dan figurnya sudah berkibar secara nasional. Dia merupakan salah satu kandidat terkuat,” kata Suwardi, yang kini sebagai sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM, Pemkab Banyumas, kemarin.

Dia mengungkapkan, yang menarik dari pertemuan tersebut, yakni keputusan aklamasi dihasilkan dari musyawarah mufakat, sehingga tidak perlu dilakukan model pemilihan. Hal seruap diharapkan, saat Munas III KA Unsoed, tidak muncul kandidat lain, sehingga peserta bisa mengambil cara yang sama, musyawarah-mufakat (aklamasi).

“Kami ingin menginsipirasi supaya jalannya Munas III KA Unsoed, tetap dinamis dalam pembahasan di komisi-komisi, namun saat pemilihan ketua umum, lewat jalan musyawarah mufakat. Dan sosok Pak M’ruf juga sudah terbiasa berkomunikasi dengan sesasama alumni Unsoed dari lintas angkatan dan lintas fakultas,” ujarnya.

IKA FH Unsoed, lanjut dia, mendukung dan mencalonkan Ma’ruf, dengan dasar pertimbangan, karena prestasi kerja, latar belakangnya cukup dinamis. Jabatan saat ini sebagai sekjen MPR RI, katanya, memungkinkan untuk melakukan negoisasi dan lobi-lobi tingkat nasional kepada pihak ketigauntuk kepentingan Unsoed dan alumni.

“Kami juga yakin, kalau beliau terpilih, pasti akan mendedikasikan waktunya untuk kemajuan dan keharuman nama Unsoed,” tandasnya.

Untuk kepentingan pencalonnya, pihaknya juga akan mendaftarkan ke panitia pelaksana Munas III, dan sudah membentuk simpul-simpul untuk menggalang dukungan yang lebih luas lintas angkatan dan lintas fakultas. Pihaknya juga segera melakukan komunikasi, konsuliadi dan koordinasi dengan semua elemen baik di internal IKA FH Unsoed maupun ekternal serta pengurus alumni berbagai angkatan di daerah serta beraudiensi dengan alumni di dekanat dan tingkat universitas.

Menurutnya, dukungan pencalonan Ma’rif juga datang berbagai pihak. Di antaranya, dari mantan rektor Unsoed, Prof Rubiyanto Misman, Dr Yusuf, bekerja di Kementrian Pemuda dan Olah Raga, Rektor Universitas Siliwangi (alumni Unsoed) Prof Dr Rudi Priyadi, sekaligus ketua KA Alumni wilayah Priangan Timur. Kemudian anggota DPD RI periode 2019-2024 (alumni Unsoed), Dr Abdul Kholik

Dekan FH Unsoed, Prof Dr Ade Maman Suherman juga menyatakan dukungannya. Menurutnya, peran alumni sangat berperan untuk mengakat branding dan reputasi almamater.

“Solusinya harus memilih ketua alumni yang memiliki jabatan publik dalam skala nasional, dan Pak Ma’ruf, kini menjabat sebagai sekjen MPR, adalah figur yang tepat,” katanya.

Ma’ruf Cahyono, kelahiran Banyumas, 26 April 1967, merupakan alumni Unsoed, angkatan 1986 dari Fakultas Hukum. Sejak tahun 2007 berkecimpung di lingkungan sekretariat jenderal MPR RI. Mengawali jabatan 2007-2014 sebagai Ketua Pusat Pengkajian Sekjen MPR, kemudian 2014-2016 sebagai kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekjen MPR, dan 2016 sampai sekarang, menjabat sebagai Sekjen MPR. Tahun 2017-2018 sebagai Sekjen DPD RI.

Terkait dukungan pencalonan itu, dihubungi terpisah, Ma’ruf menyatakan berterima kasih dan siap mengemban amanat tersebut, jika di Munas III nanti diberikan kepercayaan penuh.

“Saya mengapresiasi dukungan dari semua alumni dari berbagai wilayah. Saya akan memberikan yang terbaik untuk alumni dan kampus tercinta (Unsoed), jika terpilih nanti,” katanya. (G22-20)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *